Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan aplikasi Tracker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar materi kinematika gerak lurus pada kelas X MIPA SMA

Pujiyono Pujiyono, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan aplikasi Tracker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kinematika gerak lurus. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan pada Oktober - Desember 2017 di SMAN 1 Klirong Kebumen. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Kelas X MIPA-1 diberikan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan aplikasi Tracker dan kelas X MIPA-4 dengan model pembelajaran langsung. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif. Lembar observasi untuk mengamati aktivitas belajar. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen <g> = 0,64 dan <g> = 0,57 untuk kelas kontrol. Uji ANOVA didapatkan Fhitung = 6,99 dan lebih besar dari Fkritik = 3,99. Kesimpulannya pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan aplikasi Tracker lebih efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran kinematika gerak lurus dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 83,07% dan 73,66%.

Full Text:

PDF

References


HE. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Galung Angga R & Widha Sunarno, Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen dan Proyek Ditinjau dari Aktivitas dan Sikap Ilmiah Siswa, Jurnal Inkuiri Vol 3 No III. 2014 (hal 43-52).

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 1999.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya : Kencana Prenada Media Group. 2007.

D. Brown. Tracker 4.11.0. The Open Source Physics Project. 2017. Tersedia di http://physlets.org/tracker/

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2008.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta : Rineka Cipta. 2002.

Sudjana, Nana . Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo. 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter