Implementasi strategi inquiring minds want to know untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika SMKN 1 Jiwan

Habibbah Ria Ansori, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini dikakukan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan pada 2 siklus. Subyek penelitian ini melibatkan siswa kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Jiwan sebanyak 22 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa persentase rata-rata minat belajar siswa dari prasiklus 24,25% meningkat menjadi 37% pada siklus I dan 63% pada siklus II. Sehingga kesimpulannya adalah minat belajar siswa di kelas XII TKJ 2 SMK Negeri 1 Jiwan pada materi optik dapat meningkat dengan menerapkan strategi Inquiring Minds Want To Know.

Full Text:

PDF

References


Vionita, S. V., Cahyani, R. S. (2015) Penerapan Group Investigation Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Kerukunan Dalam Masyarakat Di Kebonsari 3 Malang. PGSD Universitas Kanjuruhan Malang.

Arifiyanti, D. (2014). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Pada Mata Pelajarann Ips Kelas Iv Sd Negeri Majenang 1. Surakarta: UMS.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter