Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika materi pokok kalor Kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari

Hunaidah M, Armin Armin, Suritno Fayanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas, hasil belajar dan ketuntasan belajar IPA-Fisika siswa kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari pada materi pokok kalor setelah diajarkan melalui penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan metode demonstrasi. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan: 1) gambaran aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan metode demonstrasi meningkat dari siklus I sebesar 2,16 yang termaksud pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,13 yang termaksud kategori baik; 2) gambaran hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari dengan penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan metode demonstrasi menujukan sebaran nilai: pada siklus I diperoleh nilai terendah 13,33 dan nilai tertinggi 86,67 dengan nilai rata-rata 60,83; pada siklus II diperoleh nilai terendah 41,18 dan nilai tertinggi 94,12 dengan nilai rata-rata 76,23 yang berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15; dan 3) hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas VII2 SMP Negeri 15 Kendari pada materi pokok kalor dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan metode demonstrasi, hal ini ditunjukan oleh nilai yang diperoleh setiap individu dari siklus I dan siklus II cenderung mengalami peningkatan dan presentasi siswa yang belum tuntas yang sudah tuntas (mencapai kriteria ketuntasan minimal) pada siklus I 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 79,17%. Sehingga disarankan agar para guru menerapkan model pembelajaran Predict-Observe-Explain dengan metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Erfica, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Prediktion, Observation, and Explanation (POE) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Lubuklinggau tahun pelajaran 2015/2016. Lubuklinggau. STKIP-PGRI.

Joyce, Chris. 2006. “Predict, Observe, Explain (POE).” Tersedia pada http://arb.nzcer.org.nz/strategies/poe.php (diakses tanggal 23 Agustus 2016).

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Widayanti, 2012. Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Balung Tahun Ajar 2011/2012. Jember. Universitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter