Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament untuk meningkatkan aktivitas siswa Kelas VII di SMPN 3 Mejayan

Crisna Welya Putri, Purwandari Purwandari

Abstract


Team game tournament adalah model pembelajaran kooperatif dimana dalam proses pembelajaran dimulai dari aktivitas guru dalam menjelaskan materi, selanjutnya siswa bekerja dalam kelompok. Dengan memastikan semua anggota kelompok menguasai materi, diadakan turnamen dengan langkah-langkah permainan akademik oleh siswa dengan anggota kelompok lain berguna untuk menyumbangkan skor bagi kelompoknya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 3 Mejayan tahun pelajaran 2017/2018.Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas VII D. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Materi yang digunakan saat penelitian yaitu Zat dan wujudnya. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitan menunjukan bahwa aktivitas siswa pada pembelajaran fisika pada siklus I diperoleh persentase 54,17% dan mengalami kenaikan di siklus II diperoleh persentase 75,61%. Dari data observasi sebelum tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yaitu sebesar 21,44% dimana pembelajaran lebih didominasi oleh guru. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktifpada saat kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Fitriyaningsih.J.R.D. (2014). Penerapan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellrctualy

(SAVI) untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3

Boyolali Tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), Vol 2(2): 30-38.

Wulandari, F., & Arief , A. (2009). Pengaruh Pembelajaran Aktif Melalui Strategi Rotating Trio

Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Pasa Sub Pokok Bahasan Optik Geometris Kelas VII Di

SMP Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), Vol.2(3):6-10.

Megawati. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN Ginunggung Tolitoli . Jurnal

Kreatif Tadulako, 4(10),126-141.

Rasyid. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Batu Ampar Pada

Materi Zat dan Wujudnya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Banjarmasin:

UNLAM.

Yureka. (2011). Meningkatkan hasil aktivitas belajar siswa kelas VII A SMA Negeri 1 Tanta

Kabupaten Tablong pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

TGT Tahun Ajaran 2010/2011. Banjarmasin: UNLAM.

Wahidah. (2012). Perbedaan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan

Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Pembelajaran Konvesional Pada Kelas XI IPA SMAN 4

Banjarmasin Pokok Bahasan Usaha Energi. Banjarmasin: UNLAM.

Pangestuti, A., Mistianah, Corebima, A., & Zubaidah, S. (2015). Using Reading Concept Map-

Teams Games Tournament (Remap-TGT) to Improve Reading Interest of Tenth Grade Student of

Laboratory Senior High School State University Of Malang. American Journal of Educational

Research, 3(2),250-254.

Frianto, E. S., & Amirudin, A. (2016). The implementation of Cooperative Learning Model Team

Game Tournament and Fan N Pick To Enhance Motivation and Social Studies Learning

Outcomes. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 21(5),74-81.

Nasution, S. (1997). Berbagai Pendekatan dalam Proses belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Tyasning, D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran TGT (TeaM Game Tournamen) Dilengkapi

LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-

SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1):26-33.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian : Sut Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter