Pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika

Alfiani Muslikhah, Sumaryoto Sumaryoto, T Z Mutakin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain analisis treatment by level.Jenis pengujian yang digunakan adalah Anova Dua Arah. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling pada SMA swasta di kecamatan Gunung Putri Bogor. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika (nilai sig 0,001 < 0,05 dan nilai Fh = 13, 119). 2) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika (nilai Sig 0,000 < 0,05 dan nilai Fh = 115.458), 3) terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan penggunaan metode pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika (nilai Sig 0,904 > 0,05 dan nilai Fh = 0,015).Hal ini dikarenakan terdapat faktor lain selain metode pembelajaran dan kecerdasan emosional yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah Fisika. Sehingga tidak dilakukan uji lanjut untuk melihat simple effect yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.

Full Text:

PDF

References


Dit.PSMA Ditjen.Pendidikan Dasar dan Menengah 2017. Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

IEA. 2012. TIMSS 2011 Internasional Result In Science. Boston: The TIMSS & PIRLS Internasional Study Center, Boston College. Diambil pada tanggal 2 Februari 2015, dari http//: timss.bc.edu/timss2011/release.htm. [3] Sri Lestari, 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dengan Sintesis, Kemampuan Numerik Siswa, melalui Standard Exprimen Approach. Yogyakarta: Publikasi Ilmiah PascaSarjana UAD. Tersedia pada: http://www. seminar.uny.ac.id/…%20Fisika/Sri%20Lestari%20S.Pd.

Bajongga S, 2014, Hubungan antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 20(1): 65 – 75. http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-306476575%20Bajongga.pdf.

Goleman, Daniel. 2004. Kecerdasan Emosional ; Mengapa EI lebih penting dari IQ. Terjemahan T. Hermaya. Emotional Intelligence : Why it can matter more than IQ. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

(http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/kecerdasan-emosional-mengapa-ei-lebih-penting-daripada-iq-daniel-goleman-19164.html di akses pada tanggal 28 Apil 2015.

Shapiro, Lawrence E., 1998.Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Terjemahan Alex Tri Kantjono. How To Raise A Child With A High EQ ; A Parents’ Guide to Emotional Intelligence. Jakarta : PT Gramedia Pustama Utama.

A.Nikmah., P. Dwijayanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Nahdatul Muslimin Kudus.Unnes Physics Education Jurnal Volume 3 (2).

Yasin K. 2012. Pembelajaran fisika dengan Inquiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng dan DIY, ISSN : 0853-0823.

U.M. Khasanah, E.S. Kurniawan, Sriyono. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas XI.IPA Semester II SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014.Jurnal Radiasi Volume 6 (1). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Martinis Yamin. 2007. Desain pembelajaran berbasis tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. 2009.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA.

http://www. dapo.dikmen.kemendikbud.go.id/portal/web/laman/detailkab/020500[11] Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Sagala. 2009.Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALFABETA.

http://www. dapo.dikmen.kemendikbud.go.id/portal/web/laman/detailkab/020500


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter