Pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Line@ untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas XI pada materi elastisitas

Daimah Daimah, Dwi Sulisworo, Moh. Toifur

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran tipe STAD berbantuan line@ terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis, Kulon Progo pada materi Elastisitas di semester gasal tahun pelajaran 2017/ 2018. Rancangan penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Kelas XI MIPA 1 digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA2 digunakan sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis berupa soal essay yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan rata-rata nilai kelas dengan pembelajaran STAD berbantuan LINE@ sebesar 26,96%. Sedangkan kelas dengan tipe pembelajaran STAD saja sebesar 18,76%. Analisis data menggunakan uji beda pada tingkat kesalahan 5% diperoleh adanya perbedaan yang signifikan antara hasil tes kemampuan berpikir kritis antara dua kelompok. Artinya ada pengaruh pengaruh pembelajaran tipe STAD berbantuan LINE@ terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI.

Full Text:

PDF

References


Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Gravindo Persada

Ridwan Abdullah Sani. 2014. Inovasi Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara

T L Ibraheem. 2011. Effects of two modes of student teams – achievement division strategies on senior secondary school students’ learning outcomes in chemical kinetics. School of Science, Michael Otedola College of Primary Education, Noforija-Epe, Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 12. Nigeria

Situmorang, Rita S dan Sahyar 2015 The Effect Of Cooperatitive Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) On Student Achievement On Heat And Temperature Topic In Class X SMA N 1 Berastagi At Academic Year 2012/2013 Jurnal Inpafi Vol 3

Hamdayana, Jumanta 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia

Daryanto dan Rahardjo, Mulyo 2012 Model Pembelajaran Inovatif .Jakarta: Gavamedia

M Agianto T 2013 Sosial Media Line dan Perkembangannya diambil dari http://www.hermantolle.com/class/2013/09/sosial-media-line-dan-perkembangannya/ (11 April 2017)

Yuvalinda 2015 Mengenal Line Lineat Messenger dengan Segudang Keunggulan http://www.yuvalianda.com/mengenal-line-lineat-messenger-dengan-segudang-keunggulan/.(11 April 2017)

Fahruddin Faiz 2012 Thinking Skills Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Jakarta: Suka-Press

F Mabruroh, dan A Suhandi 2016 Construction Of Critical Thinking Skills Test Instrument Related The Concept On Sound Wave Universitas Pendidikan Indonesia. Journal of Physics: Conference Series 755 (2016) 011001

Abdul Hadi 2015 Pengertian Konsep Rumus Hukum Hooke diambil dari http://www.softilmu.com/2015/12/Pengertian-Konsep-Rumus-Besaran-Aplikasi-Hukum-Hooke-Adalah.html. (11 April 2017)

Giancoli, dan Douglas C 2005 Fisika JIlid 1 (Jakarta : Erlangga)

Sugiyono 2007 Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta)

Ajay Kumar and Preet Singh, Avninder 2016 Effect of student teams achievement divisions (STAD) method on problem solving ability in relation to critical thinking . International Journal of Advanced Research and Development ISSN: 2455-4030, Impact Factor: RJIF 5.24

Budiarta, Padmadewi, dan Budasi.The Effect Of Student Team Achievement Division Technique And The Achievement Motivation On The Writing Achievement Of The Tenth Year Students Of SMA Negeri 4 Singaraja In The Academic Year 2011/2012. Ganesha University of Education Singaraja, Indonesia

Galante,Anne T 2016 Sosial Media Use in Classroom Teaching: A Facet–Based Discourse Analysis of Key Factors Influencing Pedagogy. ProQuest LLC 789 East Eisenhower Parkway


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter