Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan teori kinetik gas di MAN 3 Ngawi

Intan Firda Alifiyanti, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu PhET Simulation. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 MAN 3 Ngawi. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pengambilan data dengan teknik observasi dan tes kognitif siswa sebagai analisis data kuantitatif. Observasi awal menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 3 MAN 3 Ngawi masih rendah. Melalui hasil observasi nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa pra siklus 67% dan melalui hasil UTS, nilai rata-rata fisika 66 dengan KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 78% dan nilai rata-rata tes 71. Siklus II diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa 84% dan nilai rata-rata tes 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu PhET simulation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 3 MAN 3 Ngawi.

Full Text:

PDF

References


BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: BSNP

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21st Century Skills, 314–318.

Dyer, Jeffery H., dkk. (2009). The Innovator’s DNA, Harvard Business Review. Desember 2009.

Wenning.C.L, et al. (2011). Scientific Inquiry in Introductory Physics Courses. (Journal). England: Journal Of Physics Teacher Education.

Widhy, Purwanti H., (2012). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Pada Pembelajaran IPA. (Jurnal). Depok: SMP Muhammadiyah 3

K Hendro, Ishafit, Winarti. (2006). Penentuan Konstanta Planck menggunakan Perangkat Lunak Physics Education Technology PhET. (Jurnal). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Paul A. Tipler. (2001). Fisika untuk Sains dan Teknik, Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mu’alimah, Ishafit. (2017). Pembelajaran inkuiri kolaboratif daring dengan media social Whats App pada kemampuan komunikasi terhadap materi kalor bagi peserta didik di abad 21 (Jurnal). Madiun: UNIPMA

Heather Banchi and Randy Bell. (2008). Inquiry comes in various forms. (Journal). England: Science and children journal.

Hendrasti, Indrawati, I Ketut Mahardika. (2016). Model Pmebelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. (Jurnal). Jember: Univesitas Jember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter