Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Aplikasi APP Inventor pada materi kalor SMA Kelas X untuk meningkatkan hasil belajar

Eka Erma Suryani, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan model think- pair- share berbantuan aplikasi App Inventor pada materi kalor untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Bantul dengan jumlah 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan pretest, posttest. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest,posttest peserta didik sebesar 50,30 dan 77,87. Berdasarkan hasil analisis N-Gain secara klasikal diperoleh peningkatan gain sebesar 1,22 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan dari hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa merasa puas terhadap penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan APP Inventor dalam meningkatkan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Anivyana Sajjydah Reshadelin. (2013). Skripsi. penerapan Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasa Kalor Di Kelas X-1 Sma Ipiem Surabaya

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Antasono, Cecillia N. 2010. Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X-3 SMA TRISILA Surabaya. Unika Widya Mandala Surabaya. Skripsi

Tint, S. S., & Ei Ei Nyunt. (2015). C Ollaborative L Produktif Dengan Think Pair Share Teknik. International Jurnal (Caij).

Yatim Riyanto (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Probowati, Yhonis putri & Sulisworo, Dwi. (2016). Pengembangan Modul Fisika Menggunakan Model Pbl UntukMeningkatkan Berfikir Kognitif Dan partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Suhu Dan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Quantum.

Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika: Edisi Kelima (Wibi. Hilarius, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Jihad, Asep. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi presindo

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Huiru Shih . (2014). Menggunakan Mit App Inventor Dalam Kursus Manajemen Darurat Untuk Mempromosikan Berpikir Komputasi. Asee Annual Conference & Exposition. America

R. Harinath, & S. Santhi. (2015). Sistem Berbasis Rumah Automation Gsm Menggunakan App Inventor Untuk Android Ponsel . International Jurnal Of Ilmu Komputer Dan Mobile Computing

Mulyadi. 2013. Android APP Inventor. Yogyakarta: Multimedia Center Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter