Profil kemampuan komunikasi pelajaran fisika siswa SMK

Puput Astya Agustina, Jeffry Handhika

Abstract


Komunikasi adalah salah satu kemampuan yang menjadi hal penting dalam dunia pendidikan saat ini yaitu pendidikan abad 21. Komunikasi dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah pengiriman dan penerimaan pesan ataupun berita dari beberapa orang agar pesan yang dimaksud dapat dipahami oleh lainnya. Keterampilan dalam menyampaikan pemikiran dengan jelas dan persuasif secara oral maupun tertulis, kemampuan menyampaikan opini dengan kalimat jelas, menyampaikan perintah dengan jelas dan dapat memotivasi orang lain melalui kemampuan berbicara adalah aspek dari Kemampuan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi siswa kelas X SMK N 1 Wonoasri dalam pelajaran fisika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah 25 siswa kelas X AV 2 SMK N 1 Wonoasri. Tes kemampuan komunikasi ini menggunakan Tes Angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan keterampilan dalam menyampaikan pemikiran dengan jelas dan persuasif secara oral maupun tertulis mencapai angka 72 %, kemampuan menyampaikan opini dengan kalimat jelas sebesar 36 %, kemampuan menyampaikan perintah dengan jelas 68%, dan kemampuan memotivasi orang lain melalui kemampuan berbicara sebesar 16 %. Rata-rata persentase kemampuan komunikasi siswa dalam pelajaran Fisika adalah 45 %. Sesuai dengan kriteria kemampuan komunikasi yang ditetapkan para ahli, maka persentase tersebut masuk kedalam kategori rendah.

Full Text:

PDF

References


Strite S and Morkoc H 1992 J. Vac. Sci. Technol. B 10 1237

Jain S C, Willander M, Narayan J and van Overstraeten R 2000 J. Appl. Phys. 87 965

Akasaki I, Sota S, Sakai H, Tanaka T, Koike M and Amano H 1996 Electron. Lett. 32 1105

Nakamura S, Senoh M, Nagahama S, Iwase N, Yamada T, Matsushita T, Kiyoku H and Sugimoto

Y 1996 Japan. J. Appl. Phys. 35 L74


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter