Efektivitas media pembelajaran mobile learning berbasis flash untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa pada mata pelajaran TIK (studi kasus SMP Negeri 4 Semarang Kelas VIII)

Iswara Maharani, Tatyantoro Andrasto, Riana Defi M P

Abstract


Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam mengoptimalkan proses belajar. Proses pembelajaran TIK di SMP N 4 Semarang sudah cukup baik. Akan tetapi hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan sebuah media pembelajaran mobile learning, suatu pendekatan pembelajaran menggunakan perangkat seperti PC, laptop, atau smartphone sebagai media ajar. Seiring perkembangan teknologi, sekarang ini tingkat interaksi siswa dengan media ajar tersebut terutama smartphone lumayan tinggi. Sehingga diharapkan dengan penggunaan media pembelajan ini dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah quasi experimental design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen yaitu kelas VIII F, dan kelas kontrol yaitu kelas VIII G. Kelas eksperimen mendapatkan treatment berupa pengajaran dari guru dan menggunakan mobile learning yang mereka gunakan sebagai tambahan bahan belajar dirumah. Sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan pengajaran dari guru. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan uji gain pretest-posttest sebesar 0,321 pada kelas eksperimen, dan 0,097 pada kelas kontrol. Selain itu juga meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0.72 (16%) dari 2,44 (61%) ke 3,16 (79%) yang didapat dari hasil angket. Sehingga dari hasil ini dapat dikatakan media pembelajaran mobile learning mampu membantu guru dalam meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Atmaja, A.J. 2015. Studi Minat dan Hasil Belajar antara Metode Klasikal Powerpoint dengan Metode Berbantu Media Flash pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Boja. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Semarang (Unnes). Semarang.

Arikunto, Suharsimi.2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Malik, S. 2014. Effectiveness of ARCS Model of Motivational Design to Overcome Non Completion Rate of Students in Distance Education. Turkish Online Journal of Distance Education Vol 15 (2): 194-198

Munib, A. 2010. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : Unnes Press

Santosa, Purbayu Budi dan Ashari. 2005. Analisis Statistik dengan Ms. Excel dan SPSS. Semarang: Andi Yogyakarta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sarrab, M. 2012. Mobile Learning (M-Learning) and Educational Environtments. International Journal of Distributed and Parralel System Vol 3 (4): 31:38

Sugiyono. 2009. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter