Profil kemampuan metakognisi siswa SMK Gamaliel 1 Kota Madiun pada mata pelajaran fisika

Arista Anggun Sa’adah, Jeffry Handhika

Abstract


Kemampuan metakognisi akan membantu seseorang meningkatkan pembelajaran dengan cara membimbing pelajar untuk merencanakan proses belajarnya, memantau apa yang sedang dipelajarnya, dan menilai proses belajar yang telah ia lakukan serta mampu mengambil suatu keputusan yang harus dilakukan sehingga dapat mengambil tindakan yang akan dilakukan seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan metakognisi siwa kelas X SMK Gamaliel 1 Kota Madiun yang terdiri dari 28 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang disimpulkan berupa angket tes kemampuan metakognisi yang terdiri dari tiga indikator tes kemampuan metakognisi. Untuk indikator yang pertama yaitu perencanaan terdapat 18,3% siswa sangat setuju dengan pernyataan dalam indicator, 49,5% setuju, 17 % menyatakan ragu, 13,8 % tidak setuju, dan sisanya 3,2% sangat tidak setuju. Indicator yang kedua yaitu indicator pemantauan terdapat 25% sangat setuju, 31,25 % setuju, 17% ragu, 23,2 % tidak setuju, dan 10,7% sangat tidak setuju. Indicator yang ketiga yaitu indicator evaluasi terdapat 20,5% sangat setuju, 43,75% setuju, 19,6% ragu, 12,5% tidak setuju dan sisanya 3,57% sangat tidak setuju dengan pernyataan metakognisi. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan metakognisi siswa SMK Gamaliel 1 Kota Madiun masih tergolong rendah terutama pada indikator pemantauan dan indikator evaluasi.

Full Text:

PDF

References


Danial, M. (2010). Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Metakognisi Dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar . Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 3, 225-229.

Nurmalasari, L. R. (2015, Oktober). Pengaruh Kemampuan Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Negeri 2 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. 1-11.

Hidayanti , D., A. R., A., & C , T. D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) 276 Universitas Muhammadiyah Surakarta , 276-285.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter