Pengembangan Computer Based Test (CBT) sebagai alat penilaian pembelajaran fisika SMA pada materi gerak lurus

Martin Martin, Yetty Supriyati, Agus Setyo Budi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Computer Based Test (CBT) dengan menggunakan aplikasi open source Savsoft Quiz sebagai alat penilaian pembelajaran fisika di SMA pada materi Gerak Lurus. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli evaluasi, ahli media dan guru fisika SMA. CBT yang dikembangkan telah dilengkapi soal uraian HOTS Gerak Lurus dengan tingkat validitas dan reliabilitas baik. Hasil validasi ahli menunjukkan prosentase rata-rata 88,26 % (sangat baik), validasi ahli materi 83,95% (sangat baik), validasi ahli evaluasi 92,35% (sangat baik), validasi ahli media 80,327% (sangat baik), dan validasi guru SMA 96,42% (sangat baik). Hal ini menunjukkan bahwa CBT layak menjadi alat penilaian pembelajaran fisika di SMA.

Full Text:

PDF

References


Novrianti. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan, 37.

Lestari, S. (2010, Juli 30). Srifisika's Blog. Retrieved from Computer Based Testing (CBT):https://srifisika.wordpress.com/2010/07/30/computer-based-testingcbt-2/

Suprananto. (2016, Januari 13). Suprananto.org. Retrieved from Tes Berbasis Komputer (Computer Based Test): http://www.suprananto.org/index.php/welcome/artikel/10/Tes-Berbasis-Komputer-Computer-Based-Test.

Iswadi, H. (2016, 12 7). Sekelumit Dari Hasil PISA 2015 Yang Baru Dirilis . Retrieved from Universitas Surabaya:http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/Overview-of-the-PISA-2015-results-that-have-just-been-Released.html.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

Zilan Zalila Rendy. 2015. Pengembangan Piranti Lunak Tes Berbasis Komputer (CBT-Sofware) untuk Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Jakarta. Oktober 2015.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prisnsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Haryati, M. (2007). Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi: Teori dan Praktek. Jakarta: Gaung Jakarta Press.

Gall, B. a. (1991). Educational Research and Introduction. New York: Longman.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter