Analisis faktor pengaruh keberhasilan belajar siswa SMA pada mata pelajaran fisika

Erwina Ristianingsih, Dwi Sulisworo

Abstract


Bimbingan belajar merupakan sarana siswa untuk memperoleh materi tambahan setelah pembelajaran di sekolah. Di kelas bimbingan belajar terdiri dari siswa yang berasal dari berbagai sekolah, namun siswa rata-rata memiliki masalah yang sama yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal fisika. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui masalah fisika yang dihadapi siswa dan solusi pembelajaran fisika yang diinginkan oleh siswa, serta mengetahui solusi pembelajaran fisika yang tepat berdasarkan solusi yang diinginkan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data yang diperoleh kemudian dikelompokkan dengan menggunakan metode afinity diagram kemudian peneliti menanyakan lebih lanjut (depth interview) kepada masing-masing siswa mengenai jawaban wawancara pada pertemuan pertama agar dapat diketahui akar permasalahanya secara lebih jelas.Hasil yang diperoleh yaitu masalah fisika terbagi menjadi tiga kelompok yaitu masalah pada guru, masalah dalam diri siswa, dan masalah pada materi fisika.

Full Text:

PDF

References


Purnomo, A., Nurul Ratnawati, & Nevy Farista Aristin. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 71.

Musyarofah, U. W. (2014). Pendidikan Indonesia Gagal Move On. Paper Pengembangan Karya Ilmiah.

Nasution, F. (2001). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 8 No. 1.

Lin, J. W., Miao Hsuan Yen, Jia Chi Liang, Mei Hung Chiu, & Chorng Jee Guo. (2016). Examining the Factors That Influence Students’ Science Learning Processes and Their Learning Outcomes: 30 Years of Conceptual Change Research. Eurasia Journal of Mathematics Science & Teknologi Education.

Djamarah, S., & A. Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sulisworo, D., & Sri Puji Agustin. (2017). Dampak Pembelajaran E-Learning Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Kejuruan. Berkala Fisika Indonesia Vol. 9, No. 1, 4.

Dale , H., Paul R Pintrich, & Judith L. Meece. (2010). Motivation in Education. Third Edition.

Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulistyaningtyas, U. N. (2017). Model Kemasan Bentuk Penyajian Musik Dangdut Klasik Pada Grup Musik Rhomantika, Mijen, Semarang. Jurnal Seni Musik.

Stokes, D., & Richard Bergin. (2006). Metodologi Or Methodolatry Evaluasi Kelompok Fokus dan Depth Interview. International Journal Vol.9, No. 2.

Nugroho, A. P., Trustho Raharjo, & Daru Wahyningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 1 No. 1, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter