Pengembangan instrumen penilaian kompetensi sikap spiritual pada pelajaran fisika SMA/MA

Sarjono Sarjono, S Indah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kompetensi sikap spiritual pada pelajaran fisika tingkat SMA/MA yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, Instrumen terdiri dari 4 konstruk yaitu toleransi terhadap agama lain, menghargai, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya yang dikembangkan menjadi 18 butir soal. Validasi dilakukan oleh ahli pengukuran pendidikan dan praktisi pendidikan fisika. Setelah instrumen divalidasi dan dilakukan revisi, kemudian diujicobakan pada beberapa SMA/MA negeri dan swasta. Data hasil uji coba berupa data politomus tiga kategori dianalisis dengan program Quest untuk menguji kecocokan model, sedangkan program Lisrel digunakan untuk menguji validasi konstruk dengan melihat Goodness of fit index. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen penilaian kompetensi sikap spiritual pada pelajaran fisika tingkat SMA/MA dengan data politomus model PCM 1 PL. Sementara itu berdasarkan kriteria batas terendah dan batas tertinggi INFIT MNSQ antara 0,77 sampai dengan 1,30, terdapat 15 butir tes fit dengan model PCM 1 PL, sedangkan 3 butir tidak valid. Reliabilitas instrumen sebesar 0,91. Penentuan goodness of fit index menggunakan 3 parameter, yaitu (1) Chi kuadrat empiris (94,37)< 2 df; (2) Signifikansi (p)(0,25179≥ 0,05; (3) RMSEA(0,012) ≤ 0,08. Dengan demikian instrumen penilaian kompetensi sikap spiritual valid dan reliabel.

Full Text:

PDF

References


Cacioppo, J. T., Pety, R. E. & Crites, S. L (1994). Attitude Change, Encyclopedia of Human Behavior, Academic Press, Inc. 1, 261-270.

Fishbein, M. & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Reading, MA: Addison-Wesley.

Fritz, R. (2008). The Power of A Positive Attitude, American Management Association, Published under license from JMW Group, Inc. One West Ave., Larchmont, New York.

Deputy, M., DeVivo, J & Fasolo, N, et al (2016). Spiritual Attitudes and Values in Young ChildrenJournal of Undergraduate Research.Journal of Undergraduate Research, 2, 1-29.

Mardapi, D. (2005). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta

Kemenag. (2014). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik tingkat Madrasah Aliyah (MA), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Kementerian Agama.

Asmendri. (2014). The Roles of School Principal in the Implementation of Character Education at Boarding School.Department of Islamic Studies, STAIN Batusangkar, Indonesia. 21, ( 2), 104-111.

Depdikbud.(2015).Panduan Penilaian untuk Satuan Pendidikan Menengah Atas.Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

O’Malley, J. M. & Pierce, L. V. (1996). Authentic assessment for English language learners: Practical approaches for teachers . New York: Addition-Wesley Publishing Company, Inc.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan, Cetakan I, Nuha Medika, Yogyakarta.

Adams, R. J. & Khoo, S.T. (1996). Quest: The Interative Item Analysis System. Victoria: The Australian Council for Eduational Research.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter