Profil analisis kebutuhan pengembangan instrumen kognitif literasi sains untuk siswa SMA

Linda Novitasari, Jeffry Handhika

Abstract


Memasuki abad 21 siswa dituntut memiliki kemampuan literasi dasar yang baik. Salah satu komponen literasi dasar adalah literasi sains. Kemampuan literasi sains dapat diketahui melalui proses asesmen. Akurasi kualitas literasi sains siswa sangat ditentukan oleh proses asesmen. Untuk itu, asesmen harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, pembaharuan asesmen sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk memprofilkan hasil analisis kebutuhan pengembangan instrumen kognitif literasi sains di SMA. Metode dan pendekatan yang digunakanadalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui survei lapangan dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan triangulasi dengan proses analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen literasi sains telah dilakukan berbagai pihak, mulai dari skala kecil hingga skala internasional. Secara umum pengembangan instrumen kognitif literasi sains di SMA khususnya yang berorientasi di bidang fisika masing memerlukan pengembangan lebih lanjut. Dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pengembangan instrumen kognitif literasi sains untuk siswa SMA.

Full Text:

PDF

References


TIM GLN Kemendikbud. (2017). Literasi budaya dan kewargaan gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2016). Enam Komponen Literasi Dasar (6 ed.). Jakarta.

Syamsiah, S. (2016). Kualitas instrumen penilaian literasi sains siswa kelas VII pada materi interaksi antar makhluk hidup. Jurnal Pendidikan, 1(1), 0-6.

Amri, U., Yennita, & Ma'ruf, Z. (2013). Pengembangan instrumen penilaian literasi sains fisika siswa pada aspek konten, proses, dan konteks.

OECD. (2017). PISA for Development Brief .Paris: OECD Publishing.

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy.Paris: OECD Publishing.

Zainab, Wari, M., & Miriam, S. (2017). Pengembangan instrumen kognitif literasi sains pada pokok bahasan tekanan di kelas VIII SMP Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 115-125.

Aryani, A. K., Suwono, H., & Parno. (2015). Profil kemampuan literasi sains siswa SMPN 3 Batu. Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, hal. 847-855. Malang.

Astuti, Y. K. (2016). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. 7(3B), 67-72.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences (hal. 110 – 116). Elsevier.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assesment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Murtono, & Miskiyah, E. (2014). Pengembangam instrumen evaluasi dengan teknik simulasi sebagai asesmen alternatif dalam pembelajaran fisika materi mekanika fluida SMA kelas XI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-12.

Dirman, & Juarsih, C. (2014). Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: Rineke Cipta.

Widyowati, T., Aminah, S. N., & Cari. (2016). Pengembangan instrumen penilaian otentik berbasis scientific literacy pada pembelajaran fisika di SMA sebagai implementasi kurikulum 2013. Jurnal Inkuiri, 5(2), 8-19.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi.Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliani, Cahyani, D., & Roviati, E. (2016). Penerapan pembelajaran IPA berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan literasi sains pada mata pelajaran IPA di kelas VII materi pokok pencemaran lingkungan di SMPN 1 Cikijing. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 122-135.

Diana, S., Rachmatulloh, A., & Rahmawati, E. S. (2015). Profil Kemampuan literasi sains siswa SMA berdasarkan instrumen scientific literacy assesments (SLA). Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi, (hal. 285-291)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter