Profil kemampuan berpikir kritis pelajaran fisika siswa SMP

Nurkholifah Nurkholifah, Tantri Mayasari

Abstract


Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir logis untuk dapat membuat suatu gagasan agar dapat memutuskan hal yang logis dari apa yang telah dipercaya dan dilaksanakan. Kemampuan berpikir kritis menjadi bagian dari kemampuan penting di abad 21, karena dengan kemampuan ini akan menghilangkan argumentasi menyesatkan yang tidak jarang digunakan untuk meyakinkan orang lain. Disamping itu, kemampuan berpikir kritis dapat menggunakan potensi dalam membuktikan, memecahkan, menciptakan dan menyadari permasalahan. Observasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam pelajaran Fisika. Penelitian ini berjenis deskriptif dan kualitatif sebagai pendekatannya. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa SMP. Soal uji terdiri dari lima buah soal essay yang mewakili lima indikator. Penelitian ini memamparkan hasil berupa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP mencapai angka rata-rata persentase 36, 79% berkategori sangat kurang kritis. Secara rinci berupa 68,75% untuk indikator memberikan penjelasan sederhana, 57,7% untuk indikator membangun keterampilan sederhana, 20% untuk indikator mengambil kesimpulan, 16,25% untuk indikator memberikan penjelasan lanjut, dan 21,25% untuk indikator mengatur strategi dan taktik. Salah satu hal yang menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah atau sangat kurang kritis adalah siswa kurang terlatih dan belum terbiasa dengan bentuk pola yang menyajikan fenomena-fenomena.

Full Text:

PDF

References


Moeloek, A. F., Moehammad AmanWirakartakusumah., GunawanIndrayanto., Johannes Gunawan, S.H.,Richardus Eko Indrajit., Jamaris Jamna,dan Weinata Sairin. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta:BNSP.

Dewi, N. D., & Prasetyo, Z. K. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA untuk Memetakan Critical Thinking dan Practical Skill Pesrta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 213-222.

Saputra, H., Hidayat, A., & Munzil. (2016). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 7 Pasuruan. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 943-949.

Arifin, Z. (2011). PENELITIAN PENDIDIKAN Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Norris, S.P, Ennis, R,H. 1989. Evoluting Critical Thinking. Pasific Grove, C.A. Midwest Publication.

Rusnadi, N., Parmiti, D., & Arini, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA. Singaraja, Indonesia: Universitas Pendidikan Ganesha .

Ivie, S.D. (2001). Metaphor : A model for teaching critical thinking. Contemporary Education, 72(1),18-22

Doctor, J.L. & Mestre, J.P. (2014). Synthesis f discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topic – Physics Education Research, 10, 020119

Marzano, R.J., Brandt, R.S., Hughes, C.S., Jones, B, F., Presseisen, B.Z., Rankin, S. C and Suhor, C. 1988.. Dimension of thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Redish, E. F. 2005. Changing Student Ways of Knoeing: What Should Our Students Learn in a Physics Class?. Proceedings of World View on Physics Education 2005: Focusing on Change, New Delhi, 2005 World Scientific Publishing Co, Singapore, in press, (Online) (http://www.physics.umd.edu/perg/papers/redish/IndiaPlen.pdf), diakses 17 Januari 2018

Ogilvie, C.A (2009). Changes In Students’ Problem-Solving Strategies In A Course That Includes Context-Rich, Multifaceted Problems. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, (Onlne), 5, 020102, (http://dx.doi.org/10.1103/PhysRevSTPE.5.020102). Diakses 17 Januari 2018

Anggrareni, N.W. Ristianti, N.P. Widyanti N.L.P.M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (on line) Volume 3 Tahun 2013 . www. Undana.ac id. Diakses 13 Januari 2018

Richmond, J.E.D., 2007. Bringing Critical Thinking to the Education of Developing Country Proffesionals, Journal International Education, Vol 8, No 1, Hal: 1-29

Liliasari, 2010. Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains Kimia Menuju Profesionalitas Guru. Jurnal on line Line http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN_IPA/1949099271978032-LILIASARI/BERPIKIR_KRITIS_Dlm_Pembel_09.pdf

Susilo, Herawati. 2014. Pembelajaran Biologi/IPA Untuk Generasi Abad 21. Makalah Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya ke-1 : FMIPA Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter