Optimasi dan simulasi kualitas bahan pada mesin kertas dengan menggunakan metode neural network

Aufa Nu'man Fadhilah Rudiawan, Muhammad Iqbal Arrafi’i, Sparisoma Viridi, Windu Wijaksana

Abstract


Kualitas akhir kertas bergantung pada banyak variabel kualitas dan proses. Sangat sulit untuk menemukan aturan teoretis dari perilaku bahan kertas dimana variabel-variabelnya saling bergantung dan dimana kebergantungannya tidak linear. Dalam makalah ini, kami menampilkan sebuah sistem berbasis neural network untuk memperkirakan kualitas akhir kertas dari pengukuran prosesnya. Komputasi kebalikan dari model jaringan digunakan untuk menemukan aksi control yang akan menghasilkan kualitas yang diharapkan. Self-organizing map (SOM) digunakan untuk mengamati pergerakan titik operasi dalam proses dan untuk memberi petunjuk untuk memperkirakan error pada jaringan

Full Text:

PDF

References


Lampinen, Jouko; & Taipale, Ossi. Optimation and Simulation of Quality Properties in Paper Machine with Neural Networks. 1994. IEEE.

Beale, Mark Hudson; Hagan, Martin, T; Demuth, Howard B. Neural Network Toolbox User’s Guide. 2007. United States: Mathworks.

Mutmainah, Ariane Yustisiani; Suprijadi, Jadi; Zulhanif. Penerapan Model Hybrid ARIMA-Neural Network pada Data Saham IHSG. 2017. SEMINAR NASIONAL STATISTIKA FMIPA UNPAD 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter