Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas 8 dalam Mengerjakan Soal Assesmen Kompetensi Minimun (AKM) di SMP Negeri 8 Toboali

Ikhsan Dego Pranata

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan atau mempaparkan tingkat pemahaman siswa SMP Negeri 8 Toboali dalam mengerjakan soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun 2021. Pada abad – 21 Ujian Nasional (UN) di gantikan dengan Asesmen Nasional (AN). Di dalam Asesmen Nasional (AN) terdapat 3 bagian kegiatan yaitu konten, proses kognitif dan konteks. Dari 3 bagian kegiatan ini sudah termasuk kedalam soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM). Soal AKM ini memiliki 2 jenis yaitu literasi dan numerisasi yang tujuan dari soal – soal AKM ini bertujuan untuk memperbaiki peningkatan mutu sekolah. Soal AKM di berikan kepada siswa dengan jenjang pendidikan dari pendidkan dasar sampai pendidikan menengah dengan tingkat pemahaman yang berbeda – beda. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Yang berarti hanya menggambarkan tingkat pemahaman siswa dalam mengerjakan soal – soal AKM. Dengan subjek penelitian ini menggunakan siswa kelas 8 SMP Negeri 8 Toboali, Desa Rindik, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Teknik pengumpulan datanya menggunaka tes soal AKM melalui Google Form dan wawancara pada saat pembahasan soal AKM. Hasil tes dan wawancara menunjukan tingkat pemahaman sedang lebih mendominasi dari tingkat pemahaman lainnya, yang sampelnya menggunakan 13 siswa untuk memperkuat hasil penelitian tentang tingkat pemahaman siswa kelas 8 dalam mengerjakan soal Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) tahun ajaran 2021/2022.

Kata Kunci : AKM, Tingkat Pemahaman, Literasi dan Numerisasi.


Full Text:

PDF

References


Aisah, H., Zaqiah, Q. Y., & Supiana, A. (2021). Implementasi Kebijakan Asesmen Kemampuan

Minimum (AKM): Analisis Implementasi Kebijakan AKM. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan,

(2), 128-135.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik

Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal

Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.

Iman, N., Usman, N., & Bahrun, B. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(2), 250-260.

Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan

Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 342-362


Refbacks

  • There are currently no refbacks.