Pohon Literasi Tingkatkan Minat Baca dan Antusiasme Peserta Didik Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar

Herdina Krisma Niantari

Abstract


Abstrak: Kemampuan berlitersi menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Kualitas pendidikan ditentukan berdasarkan tingginya kemampuan literasi dari masing-masing individu. Sejalan dengan itu, salah satu SD di Kabupaten Wonosobo, SDN 2 Jangkrikan masih memiliki kemampuan literasi yang tergolong rendah. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil kemampuan literasi prasiklus kelas 1 dengan rata-rata 30%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dalam pembelajaran tematik 1 dengan menggunakan media belajar berupa pohon literasi. Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus memuat empat tahapan kegiatan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) evaluasi. Berdasarkan pemerolehan hasil penelitian bisa disimpulkan bahwa kemampuan literasi peserta didik  kelas 1 SDN 2 Jangkrikan mengalami peningkatan dengan bantuan media pohon literasi. Pada prasiklus kemampuan literasi peserta didik  memiliki kategori rendah antara 30%, siklus pertama kemampuan literasi pesrta didik memiliki kategori sedang 40%, dan siklus kedua kemampuan literasi peserta didik mengalami peningkatan menjadi 60%.

 

Key Words: Media Pohon Literasi, Kemampuan Literasi, Tematik.


Full Text:

PDF

References


Irinna Aulia Nafrin, Hudaidah Hudaidah (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Kampar.Faculty of Education University of Pahlwan Tuanku Tambusai. Vol 3 no 2.

Nurhayati,Siti & Winata, Anggun (2018). Pembelajaran Dengan Media Pohon Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas I Sdn Sidorejo I Tuban Pada Tema Peristiwa Alam Dan Subtema Bencana Alam.S. Tuban : Nurhayati.

Siregar, S. (2012). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.

Yunitasari, Ria & Hanifah, Umi (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Yunitasari. Vol. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.