Identifikasi Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 SD N Tulasan

Kurnia Febriyanti, Riana Mashar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan numerasi siswa kelas 1 di SD N Tulasan sampai sejauh mana pengetahuan numerasi siswa nya sampai saat ini. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SD N Tulasan dan untuk sampel nya sebanyak 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan studi literature dan hasil dari tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan numerasi tetapi tidak semua siswa kelas 1 di SD N Tulasan.

Full Text:

PDF

References


Bujuri, Dian Andesta. 2018. Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Literasi, IX(1), 43-44.

Cahyanovianty, Alda Dwi., Wahidin. 2021. Analisis Kemampuan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1444.

Ekowati, Dyah Worowirastri., dkk. 2019. Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. Elementary School Education Journal, 3 (1), 98.

Holmes, W., & Dowker, A. (2013). Catch Up Numeracy: A Targeted Intervention for Children Who are Low-Attaining in Mathematics. Research in Mathematics Education, 15(3), 249-265.

Huzaimah, Pipip Zulfa., Amelia, Risma. 2021. Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 537.

Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 34.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Gerakan Literasi Nasional. Online. http://gln.kemdikbud.go.id.

Mahmud, Muhammad Rifqi., Pratiwi, Inne Marthyane. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 71.

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analyticalframework_9789264305274-en.

Sumarwati. (2013). Soal Cerita Dengan Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 29.

Susanti, Evi., Taufiq, Mohammad., Hidayat, Muhammad Thamrin., Machmudah. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD N Margorejo VI Surabaya Melalui Model JIGSAW. Jurnal Bioedusiana, 4(1), 58.

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekola Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, XIII (1), 8.

Winata, Anggun., Widiyanti, Ifa Seftia Rakhma., Cacik Sri. 2021. Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal Pada Siswa Kelas XI SMA Untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio, 7(2), 502.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.