Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Canva pada Materi Teks Cerita Fantasi di SMPN 9 Yogyakarta

Rizqi Nafisah Rahmahningsih, Iis Suwartini

Abstract


Video pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang dimanfaatkan selama proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Metode penelitiqn yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi dan kuesionee. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII C SMPN 9 Yogyakarta yang beejumlah 20 siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan video pembelajaran berbasis aplikasi Canva. Hasil dari penelitian ini, 95% siswa menyukai video pembelajaran berbasis aplikasi Canva. 90% siswa mudah memahami materi yang disampaikan dengan video pembelajaran tersebut. Aplikasi Canva efektif dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. (2017). Pengembangan media edukasi “Multimedia Indonesian Culture”(MIC) sebagai penguatan pendidikan karakter siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 127-136.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95.

Munir, M. (2013). Multimedia: konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 1(1), 134-145

Rohani, Ahmad. (2007). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Aneka Cipta.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214 224.

Vieira, I., Lopes, A. P., & Soares, F. (2014). The potential benefit of using video in higher education. Proceeding of Edulearn 14 Conference, Barcelona, 750-756. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/47139700.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.