Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di SMK Negeri 6 Yogyakarta

Melinda Puspitasari, Triwati Rahayu

Abstract


Penelitian ini mengulas mengenai penerapan Google Classroom. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penerapan pembelajaran daring, mewujudkan program kegiatan penilaian pengetahuan secara daring, dan mengetahui kefektifitan dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring di kelas XI Kuliner 2 SMK Negeri 6 Yogyakarta melalui Google Classroom . Manfaat dari pelaksanaan penerapan Google Classroom mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks eksplanasi di kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta antara lain, penyampaian materi yang harus dipenuhi,  peserta didik memiliki kemandirian untuk belajar sendiri sesuai materi yang diajarkan melalui Google Classroom, peserta didik dapat mengumpulkan hasil pengerjaan tugas melalui Google Classroom, peserta didik dapat mengerjakan soal ulangan harian teks eksplanasi dengan Google Classroom. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom berjalan dengan efektif dan lancar. Pelaksanaan penilaian dengan menggunakan Google Classroom berjalan secara signifikan. Kemudian media Google Classroom memiliki keefektifan bagi peserta didik.


Full Text:

PDF

References


El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281

Hammi, Z. (2017). Implementasi Google Classroom pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus.

Latif, S. (2016). Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of Computer Application,.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). 済無No Title No Title No Title. 4, 161–174.

Parnabhakti, L., Puspaningtyas, N. D., & Indonesia, U. T. (2020). Pengaruh Media Power Point Dalam Google Classroom. 1(2), 8–12.

Purnamasari, A., Aryuna, D. R., & Maryono, D. (2017). Penerapan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(6), 17–26.

Sardiman, A. . (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Sitepu, E. P. (2020). Penerapan media pembelajaran google classroom di kelas XI mas proyek univa Medan. 27–34.

Sulistyowaty, R. K., & Firdaus, F. (2020). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 14–24. https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12734


Refbacks

  • There are currently no refbacks.