Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMK Muhammadiyah 1 Wates Selama Pembelajaran Daring

Tita Tri Antika Pangestuti, Abdul Ghofar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pembentukan karakter disiplin di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomonelogi. Di kelas X program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) terdapat beberapa siswa yang malas mengerjakan tugasnya, terkadang beberapa siswa kelas X AKL SMK Muhammadiyah 1 Wates juga tidak tepat waktu dalam mengecek tugas di Google Classroom, jadi terkadang pengumpulan tugas terlambat bahkan ada yang tidak mengumpulkan. Namun setelahnya siswa yang telat mengirimkan tugas konfirmasi dan meminta maaf kepada guru yang bersangkutan. Secara keseluruhan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Wates telah memiliki karakter disiplin yang baik. Ada 3 faktor yang mempengaruhi karakter disiplin siswa, yaitu faktor kontrol diri, faktor keluarga, dan faktor lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Eka I Santika Wayan. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Universitas Dwijendra. Vol 3 No 1. Tahun 2020.

Hartini Sri. 2017. Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. Vol 02 No 01. Tahun 2017.

Helaludin Hengki Wijaya. 2019. Analisis Data Kualitatif. Makassar : Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Manab, Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Kalimedia.

I Putu Purandina Yoga,dkk. 2020. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Vol.3 No 2. Tahun 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.