Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online di SMK Muhammadiyah 2 Wates

Nurul Hidayati, Abdul Ghofar

Abstract


Model pembelajaran daring merupakan alternatif penyelenggaraan pendidikan yang dinilai efektif diterapkan pada kondisi pandemi Covid-19. Dinilai efektif karena lebih memudahkan dalam penyampaian materi dan menggunakan teknologi pembelajaran yang semakin kreatif. Hal ini membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Namun di samping itu pembelajaran daring membuat siswa merasa bosan dan terjadiya penurunan semangat belajar. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan teknik wawancara. Hasilnya ditemukan di SMK Muhammadiyah 2 Wates telah menggunakan metode pembelajaran daring kurang lebih selama empat semester. Guru yang diwawancarai menyebutkan sebagian besar siswa mengalami penurunan semangat belajar karena kehilangan motivasi belajar dan pembelajaran yang berlangsung kurang kreatif sehingga siswa merasa jenuh. Demi mengatasi hal tersebut guru mengupayakan peningkatan motivasi belajar siswa dengan meningkatkan media pembelajaran menjadi semakin menyenangkan, menyelenggarakan pembelajaran yang fleksibel dan sesuai kebutuhan siswa, menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua/ wali siswa, dan menggunakan pendekatan motivasi dari teman terdekat.

Full Text:

PDF

References


Hasanah, H. (2016, Juli). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Muawanah, E. I., & Abdul, M. (2021, Maret 20). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90-98.

Oktiani, I. (2017). Kreatifitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232.

Semiawan, C. R. (2010). Metodei Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Suharni, & Purwanti. (2018, Desember). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 131-145.

Thoifuri. (2013). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Media Campus Publishing.

Uruk, F. H. (2021, Maret). Menguak Kondisi Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2227-2234.

Yatmoko, R. D., & Fitriani, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika, 1(1), 66-76.

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.