Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring di SDN Mutihan
Abstract
Peran seorang guru dalam dunia Pendidikan itu luas. Dalam proses mengajar dan mendidik tentunya peran seorang tidak hanya sebagai sumber belajar saja, tapi juga sebagai pembimbing , pemberikan motivasi, dan pemberi evaluasi atas segala proses yang telah dilaksanakan peserta didik selama menempuh kegiatan pembelajaran. Seperti yang sekarang ini terjadi bahwa proses pembelajaran dilaksanakan secara daring maka peran guru sebagai motivator keberadaannya penting untuk memotivasi peserta selama proses pembelajaran daring. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama pembelajaran daring di SDN Mutihan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data berupa observasi, wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka dapat disimpulkan bahwa guru-guru juga telah memiliki kesadaran bahwa memiliki peran sebagai motivator itu penting untuk dilaksanakan. Dan untuk hasil kuisioner dapat diketahui jika peran guru dalam memotivasi belajar siswa selama pembelajaran daring di SDN Mutihan telah dilaksanakan dengan sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Arianti. (2018). “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal
Kependidikaan,Vol.12 No.2. Hak 117-134.
Hapsari, Fadjriah.,DKK. (2021). “Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan
Pembelajaran Jarak Jauh”. Research and Development Journal Of Education,
Volume 7 No.1. Hal 193-204.
Idzhar, Ahmad. (2016). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal
Office, Vol 2 No.2. Hal 221-228.
Khotimah, Khusnul. (2021). “Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran IPA Kelas
IV di SDN 2 Purwodadi di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Purwodadi: Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Mardiah, Khotimatul.,DKK. (2021). “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD
Negeri 3 Tamanharjo Singosari Malang”. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,
volume 2 No.1. Hal 142-149.
Ningsih, Astari. (2021). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam
Pembelajaran Daring Kelas IV SDN 17 Negeri Katon”. Skripsi. Lampung: Fakultas
Tarbiyah dan keguruan.
Novita, Vera. (2021). “ Strategi Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa
Pandemi Covid-19 Muatan IPS Kelas 4 SDN 1 Kebondalem Kidul Klaten”. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sabaniah, Siti.,DKK. (2021). ”Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah
Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 2 No.1. Hal 41-54.
Sari, Wann.,DKK. (2021). “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa
Kelas V SDN Tambahmulyo 1”. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 No.11. Hal 2255
Sumiati. (2018). “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal
Pendidikan Agama Islam, Vol 3 No.2. Hal 145-162.
Refbacks
- There are currently no refbacks.