Penanaman Sikap Karakter Jujur di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan 1

Desy Dwi Wahyu Yndriani, Sri Tutur Martaningsih

Abstract


Eksperimen ini mempunyai tujuan untuk mengenal penanaman sikap karakter jujur pada siswa di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1 yang merupakan pelaksanaan penanaman karakter dan factor penghambat dalam karakter jujur di sekolah Muhammadiyah Purwodiningratan 1. Penelitian menggunakan kualitatif,  Yang diteliti dari penelitian ini peserta didik. Data dikumpulkan oleh peneliti dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Penguraian hasil dilakukan menggunakan penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasilnya menyimpulkan jika penanaman karakter jujur pada Peserta didik Sekolah Dasar Muhammadiyah Purwodiningratan 1 pada aktivitas pembelajaran, pengondisian, aktivitas spontan, dan kegiatan perbuatan teladan. Sikap jujur ditumbuhkan saat pembelajaran berlangsung, himbuan nyontek di waktu ulangan harian, pemberitahuan saat meniru atau menyontoh PR punya teman. Factor yang dapat menghambat dalam penanaman karkter jujur adalah siswa yang masih belum bisa berkata jujur, sehingga mereka masih malu mengucapkan bahwa mereka tidak paham materi yang didapatkannya, ditemukan beberapa siswa tugas diselesaikan oleh ayah atau ibunya.

Full Text:

PDF

References


Amirulah dan Arbain. 2014. Pendidikan Anti Korupsi Konsep Strategi dan implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah Madrasah. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dharma, K., Cepi, T., dan Johar, P, 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakraya.

Djamarah Syaiful bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mukodi dan Burhanuddin, A. 2014. Pendidikan Anti Korupsi. Yogyakarta : Aura Pustaka.

Novan Ardy, Wiyani. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Poerwadarminta, W. J. S. 2006. Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rita E, Izzaty,dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : UNY Press.

Sriwilujeng, D. 2017. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.