Penerapan Karakter Religius dalam Pembelajaran Daring bagi Siswa Kelas 5 SD Muhammadiyah Sagan

Nur Afika Rahmah

Abstract


Karakter merupakan sifat khas yang dimiliki seseorang baik dari didikan yang dibentuk lingkungan keluarga atau juga bawaan dari lahir, dimana hal itu menjadi perbedaan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Kecerdasan seseorang yang tanpa dilandasi dengan karakter atau akhlaq mulia tidak akan ada nilainya. Salah satu karakter yang penting diajarkan adalah karakter religius. Karakter religius dapat dibangun melalui pendidikan salah satunya disekolah. Namun sejak wabah covid-19 menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia. Menyebabkan semua jenjang sekolah termasuk sekolah dasar ditutup dengan tujuan untuk memutus penyebaran virus tersebut. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pendidikan Karakter Religius Siswa Kelas 5 Era Pandemi Covid -19 SD Muhammadiyah Sagan selama pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan disini adalah menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi secara daring melalui via WhatsApp dan Gmeet. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peserta didi kelas 5 di SD Muhammadiyah Sagan tetap mengajarkan dan melaksanakan kegiatan ibadah walaupun saat pembelajaran daring seperti sekarang.

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Hidayat, A. Gafar dan Tati Haryati. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal (Maja Labo Dahu) Sekolah Dasar Negeri Sila di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan IPS Vol. 9, No. 1 Januari-Juni 2019.

Mukhliso. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia Vol. 1, No.1 Februari 2020.

Sajadi, D. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16-34.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Wulandari, Iis. dkk. (2020). Implementasi Nilai – Nilai Religius Bagi Peserta Didik (Studi Pada MI Terpadu Darul Ulum dan SD Negeri 5 Lempuyang Bandar). Attractive : Innovative Education Journal Vol. 2, No. 1 Maret 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.