Kompetensi Guru BK dalam meningkatkan Motivasi Pencapaian belajar siswa selama kegiatan belajar Dari rumah: Studi Deskriptif di SMK N 5 Yogyakarta.

Alfani Ari Wibowo, Mufied Fauziah

Abstract


Konselor atau Guru BK di tuntun untuk mempunyai pemikiran kreatif dalam penyampaian materi layanan. Hal ini, bertujuan untuk menarik perhatian peserta didik untuk berkontribusi secara terbuka akan permasalahan yang di alami. pemahaman bagaimana cara yang tepat untuk menumbuhkan rasa motivasi di dalam diri. Oleh karena itu, salah satu upaya yang peneliti lakukan yaitu memberikan pemahaman kepada siswa tentang kegiatan Bimbingan dan Konseling agar mereka dapat memahami bagaimana membuat tips produktif dalam kegiatan mereka sehari-hari. Proses belajar siswa yang terjadwal akan membantu siswa dalam pencapaian tujuan yang mereka siapkan di masa mendatang. Tips produktif sebagai gambaran para siswa menentuan dalam pengembangan masa remaja yang akan mereka lalui. setiap kelas tentunya memiliki karakteristik yang berbeda maka dari itu konselor perlu menyesuaikan dengan karakteristik dari setiap kelas.


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A., & Nopianto, N. (2017). Determinan perilaku merokok pada remaja. Jurnal Endurance:

Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(1), 25-30.

Astuti, K. (2012). Gambaran perilaku merokok pada remaja di kabupaten bantul. Insight, 10(1), 77-87.

Komasari, D., & Helmi, A. F. (2000). Faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada remaja. Jurnal Psikologi, 27(1), 37-47.

Nasution, I. K. (2007). Perilaku merokok pada remaja. Medan: Universitas Sumatra Utara: http://library.

usu. ac. id.

Nurbaeti, S. D. (2020). Bimbingan sosial dalam upaya meminimalisir perilaku merokok pada siswa: Penelitian pada siswa kelas XI di SMK Amal Bakti Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Ulfa, N. F., Widyastuti, D. A., & Muhliawati, Y. (2020). Upaya Mereduksi Keinginan Merokok Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas X Tkro 6 Smk Ma’arif 2 Gombong.

Sirait, A. M., Pradono, Y., & Toruan, I. L. (2002). Perilaku merokok di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 30(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.