Penanaman Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin Pada Pembelajaran Daring SD Muhammadiyah Sagan

Shabrina Galuh Novitaningtyas

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman pendidikan karakter pada masa pembelajaran jarak jauh dengan kondisi pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter dapat terlaksana dengan baik jika terdapat kerjasama antara orang tua atau wali siswa, guru, dan sekolah. Orang tua yang merupakan pendidik pertama bagi siswa mempunyai peran besar dalam penerapan pendidikan karakter ini terutama pada saat siswa melakukan PJJ dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Penanaman pendidikan karakter siswa pada pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan beberapa cara seperti melakukan pemantauan dan pengawasan sikap dan perilaku siswa dengan bantuan orang tua berupa nilai karakter agama dan kedisiplinan. Demikian diharapkan dapat mewujudkan siswa yang tidak hanya cerdas di ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia. Dengan adanya aturan untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bukan menjadi halangan para guru dan orang tua untuk menciptakan generasi muda yang handal, berbudi luhur dan memiliki tata nilai serta karakter yang baik.

Full Text:

PDF

References


Andiarini, S. E., & Nurabadi, A. (2018). Implementasi program penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan dalam peningkatan mutu sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238-244.

HIDAYAH, N. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 1 KOTA BLITAR.

Maryati, M. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 5 BETUNG KABUPATEN BANYUASIN. Jurnal Guru Indonesia, 1(1), 21-30.

MUSLIMAH, M. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI COVID-19. At-Ta'lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1), 22-36.

Naqiyyah, N., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI MASA PEMBELARAN DARING (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.