Pengaruh Kepemimpinan Berbasis Nilai Terhadap Pengembangan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik: Kajian Literatur
Abstract
Urgensi peran kepemimpinan berbasis nilai dalam mengembangkan perilaku keberagamaan peserta didik di lingkungan Pendidikan adalah penerapan nilai-nilai moral dan etika dalam setiap aspek pengambilan keputusan dan pelaksanaan tugas kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara komprehensif bagaimana kepemimpinan berbasis nilai dapat mempengaruhi pengembangan perilaku keberagamaan peserta didik melalui kajian literatur yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur, bertujuan untuk menganalisis kritis terhadap berbagai penelitian sebelumnya yang telah dilakukan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berbasis nilai dapat berkontribusi pada pengembangan perilaku keberagamaan peserta didik. Nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, tanggung jawab, dan toleransi yang diimplementasikan oleh pemimpin sekolah berfungsi sebagai teladan dan motivasi bagi peserta didik untuk menginternalisasi dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kolaborasi yang kuat antara sekolah, keluarga, dan komunitas juga ditemukan sebagai faktor pendukung yang memperkuat pengaruh kepemimpinan berbasis nilai. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk variasi dalam penerapan nilai-nilai, konsistensi pengukuran perilaku keberagamaan, dan pengaruh media sosial. Oleh sebab itu, kepemimpinan berbasis nilai berdampak pada pengembangan perilaku keberagamaan peserta didik jika diimplementasikan secara holistik dan terintegrasi.
Full Text:
PDFReferences
Asad, S., Khalid, S., Rehman, S., & Abdullah, M. (n.d.). Religious Orientation and Development of Pro-Social Behavior in Young Female Students.
Dahlan, A., Ahmad, A., Rahmatika, N., & Handayani, G. (n.d.). TAWASUL BIL DZAT SEBAGAI PENGUAT PENDIDIKAN KARAKTER.
Dewi, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228–1237.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Penerbit Lindan Bestari.
Hartati, S. (2022). Evaluasi kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam nenerapkan konsep manajemen mutu, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13422–13433.
Hendrikz, K., & Engelbrecht, A. S. (2019). The principled leadership scale: An integration of value-based leadership. SA Journal of Industrial Psychology, 45. https://doi.org/10.4102/sajip.v45i0.1553
Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving the personality character of students through learning Islamic religious education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77.
Lickona, T. (2022). Character matters (Persoalan karakter): Bagaimana membantu anak mengembangkan penilaian yang baik, integritas, dan kebajikan penting lainnya. Bumi Aksara.
Machrita Mamahit, M. (2023). The Adaptability and Effectiveness of the Principals’ Leadership Styles in Building Religious Tolerance at Senior High Schools in Manado City. 4(2), 182–195. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i
Maspiroh, I., & Haryanto, H. (2023). Strengthening Religious Character to Prevent Bullying Behavior Students in Elementary Schools. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 12, 510–514. https://doi.org/10.30595/pssh.v12i.840
Patuti, S. M., Adhani, Y., & Yunus, R. (2023). Peningkatan Karakter Peserta Didik Berbasis Projek Profil Pelajar Pancasila di SMPN 12 Gorontalo. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 164. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.46035
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053
Rahmatika, N. (2024). The Meaning of Sincerity in Transformational Leadership at The Islamic Boarding School Educational Institution. International Journal of Educational Management and Innovation, 5(2), 168–176. https://doi.org/10.12928/ijemi.v5i2.9656
Sholihah, D., & Niam, Z. W. (2020). IMPLICATIONS OF MORAL EDUCATION LAWRENCE KOHLBERG AND KH AHMAD DAHLAN ON THE RELIGIOUS BEHAVIOR OF STUDENTS. In Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research (SKIJIER) (Vol. 4, Issue 1).
Sloof, R., & von Siemens, F. A. (2021). Effective leadership and the allocation and exercise of power in organizations. The Leadership Quarterly, 32(4), 101277.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.
Widodo, H. (2021). Pendidikan holistik berbasis budaya sekolah. Uad Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dikelola oleh
Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD
Email: humas@mp.uad.ac.id
Website: pasca-mp.uad.ac.id