ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI PONDOK PESANTREN SALAFIYYAH AL FURQON SAWANGAN

Fadhil Khalid Harefa, Nurodin Usman

Abstract


Pondok pesantren telah berperan sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional dan merupakan aset berharga bagi bangsa. Total Quality Management (TQM) menjadi pedoman dalam mengelola lembaga pendidikan yang berorientasi pada kualitas. Pondok Pesantren Salafiyyah Al Furqon salah satu lembaga pendidikan Islam yang beraffliasi pada program keseteraan kemenag. Pondok Pesantren Salafiyyah Al Furqon telah menetapkan arah dan langkah untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Saat ini, pesantren juga mengalami banyak perubahan dalam sistem dan manajemennya. Kemampuan pesantren untuk tetap bertahan hingga kini merupakan kebanggaan bagi umat Islam. Pondok pesantren memiliki tujuan yaitu membentuk kepribadian santri, memperkokoh akhlak, dan memberikan pengetahuan yang lengkap. Tujuan Penlitian ini untuk mengkaji implementasi Total Quality Management (TQM) di lembaga pendidikan Pesantren Salafiyyah Al Furqon Sawangan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil dari kajian penelitian ini menunjukkan bahwa Pesantren Salafiyyah Al Furqon Dalam mengembangkan dan meningkatkan sistem pendidikan, Pesantren Salafiyyah Al Furqon berhasil memenuhi kepuasan pelanggan, baik eksternal maupun internal. Pesantren ini telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen untuk menjamin mutu pendidikan dalam mencapai tujuan serta visi dan misinya. Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, Pesantren Salafiyyah Al Furqon telah menetapkan standar mutu yang jelas dan sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional.


Full Text:

PDF

References


Adistiana, O., & Hamami, T. (2024). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Tujuan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6102

Afida, I. (2018). Historitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 17–34. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.97

Aini, E. Z. (2021). Manajemen Pondok Pesantren dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Sleman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4750–4756. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1543

Andriesgo, J., Riadi, H., & K, J. H. (2020). Analisis Problematika Mutu Pendidikan Tingkat Dasar Berdasarkan Hasil Akreditasi Di Kabupaten Kuantan Singingi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 41–52. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1099

Arifin, M. (2023). KONSEP KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM: Karakteristik Pemimpin Ideal Menurut Al-Quran. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 3(3), 151–160. https://doi.org/10.37481/jmh.v3i3.616

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192

Ayu Annisa, P. G. (2021). MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 3(2), 6.

Dali, Z. (2019). Management Mutu Pondok Pesantren. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 12(1), 135–151. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1624

Daulay, S. Z., Rusdinal, R., & Hadiyanto, H. (2020). Urgensi total quality management pengawasan untuk meningkatkan kompetensi guru. International Journal of …, 1(2), 62–66. http://journal.iicet.org/index.php/ijtih/article/view/74

Doringin, F., Prihanto, J. N., Wahana Dika, L., & Tarigan, N. M. (2020). Mengevaluasi Tata Kelola Lembaga Pendidikan Menggunakan Konsep Total Quality Management. Jurnal Humanipreneur, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.53091/jhup.v1i1.15

Eli Fitrotul Arofah. (2021). EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN “jurnal tawadhu’’ Vol.5 no.2,2021.” Jurnal Tawadhu, Vol.5 No.2 , 2021, 5(2), 218–229.

Fionita, W., Lauchia, R., Windari, S., & Wijaya, H. A. (2024). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5732–5739. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4535

Hamdi, A. (2019). Manajemen Mutu Program Diniyah Pada Pondok Pesantren MuhammadIyah Lamongan. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 247–258. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.463

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

Herningrum, I., Alfian, M., & Putra, P. H. (2021). Peran Pesantren sebagai Salah Satu Lembaga Pendidikan Islam. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20(02), 1–11. https://doi.org/10.32939/islamika.v20i02.582

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.

Jayadi, T., Thohri, M., Maujud, F., & Safinah, S. (2024). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dengan Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Moderasi Beragama. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(1), 105–119. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.640

Khadijah, I. (2018). MANAJEMEN MUTU TERPADU (TQM) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Manurung, I. dan L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia | Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikann, 5(2), 88–95. https://doi.org/10.5281/zenodo.2678137

Mawardi, M. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 283. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.5135

Meithiana Indrasari. (n.d.). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan.

Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039

Mustaqim Hasan, Andi Warisno, Nasruddin Harahap, N. H. M. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro. An Naba: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam, 5, 34–54.

Mutiara*, A. D., & Alimni, A. (2023). Lembaga Pendidikan Pesantren. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 426–439. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.23921

Nabila, H. (2019). EcoGen PENGARUH PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PACKING PLANT PT . INCASI RAYA Hanifatul Nabila Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang EcoGen Manusia. 2(1999), 169–175.

Noor, T. R., & Islamiya, I. (2023). Analisis Faktor Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 10(2), 124–138.

Nst, M. H. (2019). MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 4(2), 228–249.

Nurhalim, N., Saputra, M. Z. A., Ningsih, N. S., Amirullah, A., Musli, M., & Jamrizal, J. (2023). Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2071–2072.

Nurhayani , Fadillah Ramadhani Asiri , Rianti Simarmata, Y. B. (2024). Strategi Belajar Mengajar (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644

Qori, I. (2019). Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Management and Business Review, 3(2), 83–94. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4605

Resky, M., & Suharyat, Y. (2022). Peran Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Mendidik Kader Ulama Dan Membina Akhlak Umat Islam Di Perumahan Graha. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 364–381.

Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2022). Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 45–55. http://e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tabyin

Rosyidah, A., & Wantini. (2021). Tipologi Manusia Dalam Evaluasi Pendidikan: Perspektif Al-Qur’an Surat Fatir Ayat 32. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6222

Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 101. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329

Sabiq, S. (2020). Eksisntensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 13.

Salim, A. (2019). KURIKULUM DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(2), 105–109.

Sambodo Rio Sasongko. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Saril, S. (2019). Total Quality Management (Tqm) Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 963–972. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.430

Siti Aimah. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Di Pesantren. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 15(2), 195–226. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v15i2.1608

Somayana Wayan. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pakem. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 283–294.

Syafitri, R. (2023). Model Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Lulusan yang Berkarakter Religius di Era Disrupsi (Studi kasus pada MAN 1 Kabupaten …. Journal of Education Research, 4(c), 1744–1752. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/554%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/554/320

Syarifah, L. S. (2020). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Pesantren? The Implementation of Total Quality Management (TQM) in Islamic Boarding Schools? Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan Volume, 30(1), 93–112.

Tarmizi, T., & Mitrohardjono, M. (2020). Implementasi Manajemen Mutu di Pesantren Tahfizh Daarul Quran. Tahdzibi, 5(2), 81–104. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.81-104

Yaqien, N. (2021). Manajemen Mutu Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. J-Mpi, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.18860/jmpi.v6i1.11023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dikelola oleh

Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD

Email: humas@mp.uad.ac.id

Website: pasca-mp.uad.ac.id