PERAN BAHAN AJAR LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Damelyana Sagita

Abstract


LKS merupakan lembar kerja yang berisi informasi dan perintah/instruksi dari guru kepada siswa untuk mengerjakan suatu kegiatan belajar dalam bentuk kerja, praktek, atau dalam bentuk penerapan hasil belajar untuk mencapai suatu tujuan. LKS dapat membantu guru dalam mengarahkan siswanya untuk dapat menemukan konsep-konsep melalui aktivitasnya sendiri atau dalam kelompok kerja. LKS juga dapat digunakan untuk mengembangkan ketrampilan proses dan mengembangkan sikap ilmiah yang diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam mencapai sasaran belajar. Artikel ini akan membahas tentang definisi LKS, bagaimana mengembangkan LKS, dan bagaimana peran bahan ajar LKS untuk meningkatkan prestasi belajar matematika.

Keywords


Lembar Kerja Siswa (LKS), Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


B. Suryobroto. (1986). Mengenal Metode Pengajaran di Sekolah dan Pendekatan Baru dalam Proses Belajar-Mengajar.Yogyakarta : Amarta

Hendro Darmodjo dan Jenny R.E. Kaligis.(1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud

Majid, Abdul. (2007). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press

Siddiq, D, dkk. (2008). Pengembangan Bahan Ajar SD. Jakarta : Depdiknas Suparman

Sumarni. (2004). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: PT Elek Media Komputindo

Tian Belawati, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar . Jakarta: Pusat Penerbitan UT

Tim Peneliti Program Pascasarjana. (2001). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Pengujian Hasil Belajar Berbasis Kemampuan Dasar Siswa SMU. Mata Pelajaran Kimia. Yogyakarta : Program Pascasarjana UNY

Farida, Azharul. (2004). Penggunaan media belajar LKS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsN Malang II. Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Puspitaningrum, Yudha. (2005). Pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar siswa (studi tentang LKS pada siswa SDN Purworejo I Kec.Sanan Kulon. Kab.Blitar).Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hastipriyadi, Ira. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran perpajakan kelas X semester 1 Sekolah Menengah Kejuruan. Journal.um.ac.id.

Rusyanti, Hetty (2014). Media pembelajaran, bahan ajar, jenis bahan ajar, pengertian bahan ajar. Diakses tanggal 7 Desember 2016 dari http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-bahan-ajar-menurut-ahli.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.