Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di mana makalah-makalah di bidang Pendidikan Matematika maupun Matematika murni dari kalangan akademisi maupun praktisi pendidikan matematika seluruh Indonesia diseminarkan pada event tersebut.
Sendikmad 2016 dilaksanakan bersamaan dengan masifnya sosialisasi pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah. Salah satu topik yang didengung-dengungkan adalah pengembangan 21st Century Skills mencerminkan keterampilan-keterampilan yang sepatutnya dimiliki peserta didik untuk survive dalam menjawab tantangan di abad 21 yang meliputi kualitas karakter, komptensi, dan literasi dasar. Karakter yang diharapkan muncul pada peserta didik di antaranya adalah iman dan takwa, rasa ingin tahu, gigih, kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, dan kesadaran sosial dan budaya. Kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik di antaranya adalah berpikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, komunikasi, kolaborasi. Sedangkan literasi dasar yang dibutuhkan saat ini adalah baca tulis, berhitung, sains, IT, keuangan, dan budaya.
Para pendidik matematika diharapkan mampu membelajarkan matematika secara menyenangkan untuk dapat membekali peserta didik dengan keterampilan yang dibutuhkan. Matematika yang selama ini dikenal para peserta didik sebagai mata pelajaran yang menakutkan hendaknya terus dikikis dengan upaya massif dari para pendidik matematika untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan.
Vol 7 (2023): PROSIDING SENDIKMAD 2023
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kami mengajak Bapak/Ibu peserta dan panitia Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Sendikmad) 2023 untuk bersyukur ke hadirat Allah SWT atas nikmat kesehatan dan limpahan rahmat-Nya kepada kita sehingga kegiatan seminar dapat berjalan lancar dan sukses.
Sendikmad merupakan event seminar nasional yang diselenggarakan berulang setiap dua tahun sekali oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Prosiding ini adalah Prosiding ketujuh sejak diselenggarakan di tahun 2014 di mana kali ini panitia mengundang Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidang pengembangan pembelajaran matematika yaitu Prof. Dr.rer.nat. Indah Emilia Wijayanti M.si, Prof. Dr. Suparman, M.Si. DEA dan Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si.
Panitia menerbitkan Prosiding untuk mewadahi makalah peserta, dimana Sendikmad 2023 diikuti tidak kurang dari 150 peserta baik sebagai pemakalah maupun non-pemakalah.
Kami berharap Prosiding ini mampu menjadi wadah para akademisi maupun praktisi di bidang matematika dan pendidikan matematika untuk saling bertukar pikiran, wawasan, dan jaringan kerjasama. Akhir kata, semoga Allah meridhoi niat baik Bapak/Ibu yang sudah mengikuti Seminar ini.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Table of Contents
Articles
(1)
Faradina Nilam Zulfa (Sebelas Maret University)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
1-7
|
(1)
Tomi Tristono (Universitas Merdeka Madiun, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
8-15
|
(1)
Linda Febrianti ()
(2) Soffi Widyanesti Priwantoro ()
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
16-23
|
(1)
Adibatus Salma Hety (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
24-29
|
(1)
Sumargiyani Sumargiyani (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
30-36
|
(1)
Riska Ayu Ardani (UIN WALISONGO SEMARANG, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
37-42
|
(1)
Maryati Maryati (SMP Muhammadiyah 1 Tepus, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
43-51
|
(1)
Alifia Putri Widya Hadi (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
(2) Hasih Pratiwi (Universitas Sebelas Maret, Indonesia) (3) Isnandar Slamet (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
52-60
|
(1)
Alya Zahra Aniendhita (Universitas Sebelas Maret)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
61-64
|
(1)
Uluwatuz Zulfa (Universitas Ahmad Dahlan)
(2) Syariful Fahmi (Universitas Ahmad Dahlan)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
65-71
|
(1)
Esa Permata Sari Putri Ilahi (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
72-81
|
(1)
Yaumil Fitri Sastra (Sebelas Maret University)
(2) Winita Sulandari (Sebelas Maret University, Indonesia) (3) Etik Zukhronah (Sebelas Maret University)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
82-91
|
(1)
Muhammad Rafi Fajar Rizky (Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia)
(2) Nafida Hetty Marhaeni (Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
92-99
|
(1)
Dara Miralda (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
(2) Nafida Hetty Marhaeni (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
100-107
|
(1)
Muflih Abdullah Zufar (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
(2) Dwi Astuti ()
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
108-115
|
(1)
Khayat Khayat (SDIT Al-Madinah Kebumen, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
116-120
|
(1)
Ahmad Dhiya Alfakhri (Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
121-126
|
(1)
Rasyida Faiz Anggina Sari (Ahmad Dahlan University)
(2) Soffi Widyanesti Priwantoro (Ahmad Dahlan University, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
127-135
|
(1)
Muhammad Nurul Huda (Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
136-142
|
(1)
Andini Wati (Sebelas Maret University, Indonesia)
(2) Yuliana Susanti (Sebelas Maret University, Indonesia) (3) Hasih Pratiwi (Sebelas Maret University, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
143-148
|
(1)
Edi Supriyadi (Universitas Pendidikan Indonesia, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
149-162
|
(1)
Fatimah Gita Safira (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
(2) Soffi Widyanesti Priwantoro (Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia)
Views of Abstract: 0
| PDF: 0
|
163-169
|