Analisis Kebutuhan Pengembangan LKM Berbasis Pembelajaran Problem Based Learning Materi Persaman Diferensial Eksak

Sumargiyani Sumargiyani

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk menunjang  pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning  (PBL) pada materi persamaan diferensial eksak. Jenis penelitian adalah penelitian research and development (R&D)  dengan menggunkan metode ADDIE ( analyisis, design, develompement, implementation, evaluation). Peneliti membatasi penelitian ini pada tahap analysis pendahuluan untuk pengembangan LKM berdasarkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada materi persamaan diferensial eksak. Penelitian dilaksanakan di semester Gasal TA 2022/2023 dengan subyek penelitian mahasiswa Kelas C pendidikan matematika Universitas Ahmad Dahlan. Data dikumpulkan melalui angket, dokumentasi dan observasi. Data yang dikumpulkan terkait  analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis RPS, analisis konsep, serta analisis bahan ajar persamaan diferensial. Hasil dari analisis diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa LKM untuk menunjang pembelajaran persamaan diferensial, (2) Sebagian mahasiswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran perlu dirubah dengan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, (3) Persamaan diferensial eksak ada pada RPS yang wajib diujikan dan diberikan di pertemuan ke empat, (4) Mahasiswa  membutuhkan LKM yang berisi materi dan latihan soal dan soal – soal, dan (5) Mahasiswa membutuhkan bahan ajar berupa LKM yang lengkap, ringkas dan mudah digunakan untuk belajar

Keywords


analisis pendahuluan, LKM, PD eksak, PBL

Full Text:

PDF

References


Arfinanti,N. 2020. Bahan Ajar Persamaan Diferensial Berbasis Higher Order Thinking Skills. Jurnal : Analisa, 6(1), pp. 10–18.

Adhani,A. and Rupa,D. 2020. Analysis of Biology Education Students ’ Conceptual Understanding in Plant Physiology Course. Jurnal: Quantum,11(1), pp. 18–26.

Martiasari,A., dan Kelana,J.B., 2022. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal : JPP 1(1), pp. 1–10.

Saifuddin,F., Putro, S. C. , Sakti,W., and Irianto,G. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Interktif Pemrograman Dasar Bermuatan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memahamkan Konsep Pemrograman Siswa Kelas X Program Keahlian TKJ di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Jurnal :Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya,43(1), pp. 51–61.

Saharsa,U.2018. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal : Pendidikan Fisika, 6(2), pp. 57–64.

Nugraha,W.S.,2018. Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal : Edu Humaniora,10(2),pp. 115–127.

Assegaff,A., dan Sontani,U.T.,2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning ( PBL). Jurnal : Jurnal : Pendidikan Manajemen Perkantoran,1(1), pp. 38–48.

Y. N. Nafiah,Y.N. dan Suyanto,W. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal : Pendidikan Vokasi. 4(1), pp. 125–143.

Shofiyah,N., dan U. M. Sidoarjo,U.M. 2018. Model Problem Based

R. Effendi,R., and Sutiarso,S. 2021. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal: basicedu,5(2), pp. 920–929, 2021.

R. Yustianingsih,R., dan Syarifuddin,H. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal : JNPM, 1(2), pp. 258–274.

Martahayu,V., dan Yuanita,Y., 2022. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning Berbatuan E-Learning. Jurnal : Cakrawala Pendas, 8(1), pp. 29–39.

Anggraini,V.2016. Hasil Tahap Define Untuk Merancang Lembar Kerja Mahasiswa ( LKM ) Berbasis Problem Based Learning Disertai Cd Interaktif Pada Perkuliahan Persamaan Diferensial. Jurnal : Lemma,2(2), pp. 105–114

Husnidar,H., dan Hayati,R., 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal : Asimetris, 2(2),pp. 67–72.

Franita,Y., Hendrastuti,Z.R., Asna,K.N., Nafisah,S. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal : Mathlocus 1(2), pp. 100–110.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.