Kecemasan Matematis Mempengarui Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Riska Ayu Ardani

Abstract


Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu output yang perlu dicapai dari proses pembelajaran matematika di sekolah. Problematika yang terus bergerak secara dinamis dalam kehidupan nyata, menuntut guru untuk mampu mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam diri siswa. Namun kenyataanya, membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa masih menjadi hal yang sulit bagi guru. Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam diri siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari proses pembelajaran, lingkungan maupun dalam diri siswa. Kecemasan matematis merupakan salah satu input yang mengarahkan respon siswa terhadap proses pembelajaran maupun saat menghadapi masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini melibatkan 215 siswa SMA dari sekolah di daerah perbatasan kota. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kecemasan matematis yang tinggi dalam diri siswa memberikan pengaruh yang negatif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Keywords


Kecemasan Matematis, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.