E-Modul Berbasis Canva Sebagai Salah Satu Solusi untuk Mengatasi Kesulitan Peserta Didik dalam Memahami Fungsi Kuadrat

Rasyida Faiz Anggina Sari, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk pengembangan bahan ajar yaitu e-modul interaktif berbantuan aplikasi canva pada materi fungsi kuadrat untuk peserta didik SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta kelas IX-E. Metode kualitatif yang digunakan pada penelitian ini berorientasi menganalisa kebutuhan dari segi kurikulum, media, materi. Subjek pada penelitian ini yaitu guru matematika dan peserta didik kelas IX-E SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Analysis Interactive Miles-Huberman. Penelitian ini diperoleh beberapa hasil yaitu kurikulum yang digunakan kurikulum 2013, bahan ajar yang digunakan: buku paket, powerpoint, dan LKPD. Namun pada saat pembelajaran, peserta didik merasa bahwa matematika merupakan pembelajaran yang sulit. Sehingga guru dan peserta didik membutuhkan bahan ajar berupa modul sebagai menunjang bahan ajar lainnya. Namun di sekolah ini belum pernah menggunakan bahan ajar berbasis elektronik yang sebenarnya dapat mengubah stigma peserta didik tentang matematika. Selain itu agar peserta didik memiliki wawasan yang luas maka diperlukan interaksi pada saat pembelajaran. E-modul yang akan dibuat melalui aplikasi canva karena akan memudahkan dalam mendesainnya. Hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan bahwa perlunya dikembangkan bahan ajar e-modul interaktif berbantuan aplikasi canva pada materi fungsi kuadrat untuk peserta didik SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta kelas IX-E. 

Keywords


e-modul; interaktif; fungsi kuadrat; canva

Full Text:

PDF

References


Abas S 2020 Teaching and Learning in COVID Times: A Reflective Critique of a Pedagogical Seminar Course Journal of Teaching and Learning with Technology (vol 10) p 34-43

Desli D and Lioliou A 2020 Relationship between Computational Estimation and Problem International Electronic Journal of Mathematics Education (vol 15) p 1-15.

Walle V et al 2009 Elementary and Middle School Mathemaatics: Teaching Developmentally edisi ke-7 (Boston: Allyn&Bacon/Merill)

Bond G and Chernoff E 2015 Mathematics and Social Justice: A Symbiotic Pedagogy Journal of Urban Mathematics Education (vol 81) p 24-30

Indriani N Fitrianti Y and Nailah C 2022 Modifikasi Strategi dan Metode Pembelajaran Matematika Guna Menarik Minat Belajar Siswa SD/MI Jurnal Pendidikan Guru p 15-21

Sumarmo U 2005 Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai Pendekatan Laporan Penelitian Lemit UPI

Rahayu L D and Kusuma A B 2019 Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi Prosiding Sendika (vol 5) p 534-541

Martina K Tegeh I M and Sukmana A I 2018 Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model ADDIE pada Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri1 Sari Mekar Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (vol 62) p 245-255

Syalehin M R Hartini S and Suriasa S 2015 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013 Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika (vol 3) p 52-59

Anisah A 2017 Pengaruh penggunaan buku teks pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon (vol 18) p 1-18

Tania L 2017 Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) (vol 5)

Prastowo A 2013 Pengembangan Bahan Ajar Tematik (Yogyakarta: Viva press)

Lestari I 2013 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai dengan Kurikulum (Padang: Akademia Permata)

Sugiyarti L Arif A and Mursalin M 2018 Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasa, p 439-444

Prastowo A 2011 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif (Yogyakarta: DIVA press)

Priyanthi K A Agustini K and Satyadiputra G S 2017 Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus : Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja) Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) (vol 6) p 40

Rahman S A 2021 Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Menggunakan Software Flip PDF Profesional Pada Materi Bentuk Aljabar (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Noviyanita W 2019 Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Maker pada Materi Program Linear Kelas X SMK Muhammadiyah Kesesi Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (vol 6) p 41-49

Depdiknas 2017 Panduan praktis Penyusunan E-Modul Tahun 2017 In Panduan praktis Penyusunan E-Modul Tahun 2017 (Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah)

Wirandika K S Agustini K and Sindu I P 2017 Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Pelajaran Perakitan Personal Computer Kelas X TKJ di SMK TI Bali Global Singaraja Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) (vol 6)

Switrayni N W et al 2022 Workshop E-Modul Interaktif Dengan Canva untuk Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Abdi Insani (vol 9) p 390-399

Canva 2022 From https://www.canva.com

Rohma A and Sholihah U 2021 Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bangun Ruang Limas Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung (vol 9) p 292-306

Rahma F I 2019 Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan Implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar) Jurnal Studi Islam (vol 14) p 87-99

Mz Z A 2013 Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika Jurnal Perempuan Agama dan Jender (vol 12) p 15-31

Lasmi 2017 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) yang Berorientasi Teori Apos pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas X-MIA MAN 2 Banda Aceh. Al Khawarizmi (vol 1) p 33-50

Julaeha S and Kadarisma G. 2020 Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Fungsi Kuadrat Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI) (vol 3) p 663-670

Nurdin E et al 2019 Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK Jurnal Riset Pendidikan Matematika (vol 6) p 87-98

Aziz H E and Hidayati N 2020 Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi aritmatika Sosial Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika pp. 824-828

Nidiasari H Novaliyosi and Pamungkas A S 2016. Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Tahapan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (vol 9)

Purwoko R Y et al 2020 Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika (vol 5) p 1-8

Miles M B Huberman A M and Saldana J 2014 Qualitative Data Analysis (USA: SAGE)

Purwoko R Y et al 2020 Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Produk Budaya Jawa Tengah Jurnal Mercumatika Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika (vol 5) p 1-8

Rahmawati S & Putri R I I 2022 Penalaran Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Fungsi Kuadrat Menggunakan PMRI dan Collaborative Learning Berbantuan Media Video Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika (vol 11) p 577-588

Pratiwi K et al. 2021 Kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender dengan pendekatan STEM pada modul matematika JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika) (vol 6) p 39–51

Syaodih E and Sukmadinata N S 2012 Kurikulum dan Pembelajaran Kompotensi (Bandung: PT Reifika Aditama)

Ahmadi S Keshavarzi A and Foroutan M 2011 The Application of Information and Communication Technologies (ICT) and its Relationship with Improvement in Teaching and Learning Procedia-Social and Behavioral Sciences (vol 28) p 475-480

Ende A M Jasril I R and Jaya P 2022 Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional (vol 8) p 194

Santriawati H 2015 Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta (Universitas Negeri Yogyakarta) (vol 7)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.