Model Lampu Lalu Lintas dengan Tiga Fase Menggunakan Petri Net

Tomi Tristono

Abstract


Petri net dapat dipergunakan untuk memodelkan struktur perilaku kejadian diskrit pada lampu lalu lintas. Petri net juga dapat menyajikan singkronisasi penjadwalan beberapa fase lampu lalu lintas. Tujuan studi kali ini yaitu untuk mengulas model lampu lalu lintas dengan tiga fase menggunakan Petri net beserta  uji verifikasi kebenaran model menggunakan beberapa properti Petri net. Analisa model Petri net lampu lalu lintas yang dibangun meliputi Invariant, properti keterbatasannya (boundedness), konservasinya (conservation),  serta coverability untuk semua keadaan/ state. Properti Petri net dapat menunjukkan bahwa model adalah benar. Model dengan strategi waktu tetap yang dipelajari dapat dikembangkan untuk maka model lampu lalu lintas yang disertai waktu pada masing – masing yang kompleks.

Keywords


Petri net; kejadian diskrit; model lampu lalu lintas; strategi waktu tetap

Full Text:

PDF

References


Adzkiya D 2008 Membangun Model Petri Net Lampu Lalu – lintas dan Simulasinya (Surabaya: Thesis, Matematika – ITS).

Bozek A 2012 Using Timed Coloured Petri Nets for Modelling, Simulation and Scheduling of Production Systems (Rijeka, Croatia: Intechopen)

Tristono T, Cahyono S D, Sutomo, dan Utomo P 2015 Model Koordinasi Lampu Lalu-Lintas dengan Interupsi (Surabaya: Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi, MMT-ITS)

Manual Kapasitas Jalan Raya (MKJI) 1997 (Jakarta: Direktoral Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota).

Omar Yaqub O and Li L 2013 Modeling and Analysis of Connected Traffic Intersections Based on Modified Binary Petri Nets (London: Hindawi Publishing Corporation-International Journal of Vehicular Technology Vol. 2013).

Anggrainingsih R, Yohanes S P, dan Salamah U 2014 Analisis dan Verifikasi Workflow Mengggunakan Petri Net (Semarang: SEMANTIK 2014 UDINUS).

Wahyu Pramesthi S R P 2018 Model Petri Net Sistem Jaringan Antrean Multichannel Tak-Siklik Lima Server (Banyuwangi: Transformasi-Jurnal Pend. Matematika & Matematika 2(2) Universitas PGRI Banyuwangi)

Cahyono S D, Sutomo, Aji S, Sudarno, Utomo P, and Tristono T 2019 Modification of the Norwegian Traffic Light States as the Method to Reduce the Travel Delay (Computer Science and Information Technology 7(1)).

Dewi Safitri N 2020 Karakteristik Domain Waktu dan Frekuensi pada Sistem Linear Time Invariant (LTI) (Yogyakarta: Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Huang Y S and Chung T H 2010 Mod. and Analysis of Traffic Light Control Use Time Coloured Petri Net (Shanghai: Intechopen).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.