Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Bersasis Android Menggunakan MIT App Inventor di Kelas X SMA Negeri 2 Bantul Pokok Bahasan Materi Peluang

Uluwatuz Zulfa, Syariful Fahmi

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih sedikit variasi media pembelajaran interaktif yang berbasis android di SMAN 2 Bantul pada mata pelajaran matematika. Sebelum mengembangkan media pembelajaran berbasis android untuk pembelajaran matematika materi peluang, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran. Model ADDIE digunakan untuk mengembangkan penelitian ini, yang merupakan bagian dari penelitian pengembangan. Hanya tahap analisis yang termasuk di antara tahapan yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik kelas X-7 SMAN 2 Bantul. Wawancara, observasi, dan kuesioner adalah metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen penelitian meliputi wawancara dengan guru dan siswa serta angket tentang kebutuhan siswa. Observasi dilakukan selama pelaksanaan kegiatan PLP 2. Analisis kebutuhan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis android khususnya pada mata pelajaran matematika menunjukkan persentase lebih dari 80%, Hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat mendukung pembuatan media pembelajaran android untuk mata pelajaran matematika peluang. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa materi pembelajaran interaktif berbasis android untuk pendidikan matematika berbasis peluang diperlukan dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.