I-Spring Suite sebagai Sarana Media Pembelajaran Pada Materi Bentuk Aljabar untuk Peserta Didik Kelas VII

Fatimah Gita Safira, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Matematika masih dianggap merupakan pelajaran yang sulit oleh sebagian besar peserta didik. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah materi bentuk aljabar. Materi aljabar yang bersifat abstrak membuat peserta didik mengalami beberapa kesulitan dalam pelaksanaan pembelajarannya. Upaya mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi bentuk aljabar di SMP N 1 Panggang. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket, wawancara serta observasi. Hasil dari penelitian ini media pembelajaran masih belum digunakan dengan optimal dalam pelaksanaan pembelajaran di SMP N 1 Panggang. Guru hanya menggunakan buku paket serta lembar kerja peserta didik untuk kegiatan pembelajaran. Pembelajaran matematika masih dianggap membosankan. Matematika masih dianggap sulit oleh peserta didik. Salah satu materinya, yakni bentuk aljabar juga masih dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik. Namun, peserta didik tertarik untuk menggunakan media pembelajaran berbasis smartphone dalam pembelajaran matematika karena media pembelajaran dengan smartphone menarik digunakan. Fasilitas wifi yang ada di sekolah dapat digunakan untuk mengakses media pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, media pembelajaran dibutuhkan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih baik.

Keywords


Media Pembelajaran, Bentuk Aljabar, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.