Perlukah LKPD yang berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel?

Linda Febrianti, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan sumber belajar yaitu LKPD berbasis Contextual Teaching and Learing (CTL) pada materi SPLDV kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertempat di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dengan mengambil subjek pendidik bidang studi matematika dan peserta didik kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, kuisioner (angket), dan observasi. Penelitian ini memperoleh hasil diantaranya yaitu  kurikulum yang digunakan di sekolah yaitu kurikulum 2013, sumber belajar yang digunakan pendidik pada saat pembelajaran adalah buku paket dari pemerintah, powerpoint, dan LKPD yang hanya berisi latihan soal saja. Berdasarkan hasil wawancara, angket, dan observasi peserta didik mengalami kesulitan di bidang matematika salah satunya yaitu materi SPLDV, peserta didik mengalami kesulitan ketika menyelesaikan soal SPLDV berbentuk cerita yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pendidik belum pernah menggunakan LKPD dengan pendekatan CTL. Sehingga berdasarkan hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan bahwa perlu dikembangkan sumber belajar LKPD berbasis CTL pada materi SPLDV kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta untuk menunjang proses pembelajaran.

Keywords


LKPD; Contextual Teaching and Learing (CTL); sistem persamaan linear dua variabel

Full Text:

PDF

References


Aziz A 2020 Pengembangan Video Pembelajaran Pengantar Struktur Aljabar Journal of Mathematics Education 144

Berch D B and Mazzocco M M M 2007 Why is math so hard for some children? The Nature and Origins of Mathematical Learning Difficulties and Disabilities (Paul H. Br) Maryland

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920-929.

Fairuz F R Fajriah N and Danaryanti A 2020 Pengembangan lkpd materi pola bilangan berbasis etnomatematika sasirangan di kelas VIII sekolah menengah pertama EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 8(1)

Hasanah M N 2015 UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS VIIIC SMP N 2 NANGGULAN KULON PROGO Universitas PGRI Yogyakarta

Khasanah U Rahayu W and Rohimah S R 2021 Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH 5(2) 85-93

Maharani A D and Aima Z 2015 Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA Jurnal Pelangi 6(2) 132– 141 https://doi.org/10.22202/jp.v6i2.2 98

Maspupah A and Purnama A 2020 Analisis kesulitan siswa mts kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel (spldv) ditinjau dari perbedaan gender Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1) 237-246.

Ningsih H A 2020 Pengembangan LKPD Berbasis Cergam Berkarakter Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi SPLDV Tingkat SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation)

Pamungkas A S Setiani Y and Pujiastuti H 2017 Peranan Pengetahuan Awal dan Self Esteem Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8(1), 61–68

Pratama R A 2021 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP IT ABDURRAB PEKANBARU (Doctoral dissertation UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU)

Putri S A 2021 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMK (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang)

Rahmah A N Zulkarnain and Hutapea N M 2021 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs Jurnal Cendekia :Jurnal PendidikanMatematika, 5(1) 125–138

https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415

Septian R Irianto S and Andriani A 2019 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education Jurnal Educatio FKIP UNMA 5(1) 59–67

https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56

Sugiono 2018 Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D) Bandung:Alvabeta Cv

Tanjung R Ritonga T and Siregar E Y 2021 Analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di desa ujung batu barus Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) 4(1) 88-96

Trianto 2010 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif (Surabaya:Prenada Media Group)

Wandari A Kamid K and Maison M 2018 Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2) 47-55

Widyanti, W Zetriuslita Z Suripah S and Qudsi R 2021 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 6(3) 47–57

https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i3.16809

Yanti F Nurva M S and Fikriani T 2022 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2) 1743-1751


Refbacks

  • There are currently no refbacks.