Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Kartu Bilangan

Khayat Khayat

Abstract


Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sangat penting diciptakan di kelas dengan harapan peserta didik dapat merasakan kebermaknaan dalam belajar. Pembelajaran bermakna membutuhkan inovasi media pembelajaran agar peserta didik tidak merasa bosan pada proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas enam SDIT Al Madinah Kebumen dengan memanfaatkan media pembelajaran kartu bilangan pada materi bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua kali siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas enam SDIT Al Madinah Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data dengan menggunakan teknik tringulasi. Hasil analisis menunjukan bahwa sebanyak 55% peserta didik mendapat skor tuntas menggunakan media kartu bilangan. Sedangkan pada siklus II sebanyak 85% peserta didik memperoleh skor tuntas menggunakan media kartu bilangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika pada materi bilangan bulat dengan memanfaatkan media pembelajaran kartu bilangan.


Keywords


media pembelajaran, kartu bilangan, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.