Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Metode Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi

Dara Miralda, Nafida Hetty Marhaeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis metode kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, angket validasi ahli materi, dan ahli media. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Yogyakarta, validator ahli materi, dan validator ahli media. Sedangkan kurikulum, model pembelajaran, sumber belajar, dan karakteristik peserta didik menjadi obyek penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi numerasi peserta didik masih cenderung rendah sehingga diperlukan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan tersebut, (2) peneliti mengembangkan LKPD materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang cover, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), data diri, materi, latihan soal dan kuis yang disesuaikan dengan sintaks metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dan biodata penulis, (3) hasil desain media kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang menunjukkan bahwa semua ahli menyatakan media dalam kategori sangat baik, sehingga media yang digunakan valid. Penelitian ini akan dilanjutkan ke tahap implementasi dan evaluasi.


Full Text:

PDF

Refbacks