Desain Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Muhammad Rafi Fajar Rizky, Nafida Hetty Marhaeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika berbasis andorid untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, angket validasi ahli materi, dan ahli media. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Pengasih, dua validator ahli materi, dan dua validator ahli media. Sedangkan, kurikulum, model pembelajaran, sumber belajar, dan karakteristik siswa menjadi obyek penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa masih cenderung rendah sehingga diperlukan analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran matematika untuk meningkatkna kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) peneliti mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika MathApp pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) yang memuat menu dan fitur-fitur Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), menu materi, menu kuis, dan menu profil, (3) hasil desain media kemudian divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang hasilnya menunjukkan bahwa media valid dan layak digunakan sehingga penelitian dapat dilanjutkan ke tahap implementasi dan evaluasi.

Full Text:

PDF

Refbacks