Analisis Bibliometrik: Aspek Batik dalam Penelitian Etnomatematika

Edi Supriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis bibliometrik pada penelitian etnomatematika yang berkaitan dengan batik. Batik adalah bentuk seni Jawa dengan akar Indonesia dan telah menjadi penghubung budaya yang penting antara Indonesia dan seluruh dunia. Terdapat hubungan antara batik dan matematika, dimana batik dapat digunakan untuk mengajarkan konsep matematika dengan pendekatan etnomatematika. Metode penelitian ini menggunakan artikel dan publikasi internasional sebagai sumber data yang diambil dari basis data Semantic Scholar dengan kata kunci "etnomatematika batik" antara tahun 2016 dan 2022. Data dievaluasi menggunakan Microsoft Excel dan program VosViewer untuk mengevaluasi pola dalam perkembangan publikasi kertas logam oksida internasional. Studi bibliometrik dilakukan untuk mengevaluasi hasil penelitian, menyelidiki interaksi antara hasil penelitian, dan menganalisis pemetaan bidang ilmu untuk melacak perkembangan pengetahuan baru dalam bidang tertentu. Hasil penelitian ini menghasilkan 55 publikasi yang diterbitkan antara tahun 2016 dan 2022 yang sesuai dengan kriteria. Data menunjukkan bahwa hasilnya meningkat setiap tahun kecuali pada tahun 2019 yang mengalami penurunan. Data penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian tentang etnomatematika dengan aspek batik telah banyak dilakukan dan terus berkembang, sehingga memiliki peluang yang baik untuk dikaitkan dengan topik-topik penting lainnya di tahun-tahun mendatang.

Keywords


Batik; Bibliometrik; Etnomatematika; Vosviewer.

Full Text:

PDF

References


R. W. Soebaryo and W. K. Budianti, “Batik manufacturing workers,” Kanerva’s Occup. dermatology, pp. 1743–1751, 2020.

A. Alamsyah, “Kerajinan batik dan pewarnaan alami,” Endogami J. Ilm. Kaji. Antropol., vol. 1, no. 2, pp. 136–148, 2018.

I. B. Santoso, “Batik: Object and Tourist Attraction,” in 3rd International Seminar on Tourism (ISOT 2018), 2019, pp. 314–317.

M. Wronska-Friend, “Batik of Java: global inspiration,” 2018.

N. Faiziyah et al., “Ethnomathematics: Mathematics in Batik Solo,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1720, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1720/1/012013.

D. S. N. Afifah, I. M. Putri, and T. Listiawan, “Eksplorasi etnomatematika pada batik gajah mada motif sekar jagad tulungagung,” BAREKENG J. Ilmu Mat. dan Terap., vol. 14, no. 1, pp. 101–112, 2020.

N. Ishartono and D. A. Ningtyas, Ethnomathematics: An Exploration of Mathematical Concepts in Batik Sidoluhur Solo. 2021. doi: 10.12928/IJEME.V5I2.20660.

S. Pahmi, N. Priatna, J. A. Dahlan, and A. Muchyidin, “Implementation the project-based learning using the context of Batik art in elementary mathematics learning,” J. Elem, vol. 8, no. 2, pp. 373–390, 2022.

H. Wahyudi, S. Widodo, D. Setiana, and M. Irfan, Etnomathematics: Batik Activities In Tancep Batik. 2021. doi: 10.31331/medivesveteran.v5i2.1699.

R. Fachrur, W. Rika, and N. P. Rahayu, Ethnomathematics: Electronic Math Module Based on Madura Batik in Improving Creative Thinking Skills. 2021. doi: 10.2991/ASSEHR.K.210508.074.

E. Supriyadi, “a Bibliometrics Analysis on Mathematical Thinking in Indonesia From Scopus Online Database With Affiliation From Indonesia,” Alifmatika J. Pendidik. Dan Pembelajaran Mat., vol. 4, no. 1, pp. 82–98, 2022, doi: 10.35316/alifmatika.2022.v4i1.82-98.

E. Supriyadi, J. A. Dahlan, D. Darhim, and J. Taban, “Bibliometric Analysis: Trend of ICT and RME Researches,” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 11, no. 2, pp. 139–150, 2022, doi: 10.24235/eduma.v11i2.11023.

E. Supriyadi, “A Bibliometric Analysis: Computer Science Research From Indonesia,” TIERS Inf. Technol. J., vol. 3, no. 1, pp. 28–34, Aug. 2022, doi: 10.38043/tiers.v3i1.3706.

E. Supriyadi, J. A. Dahlan, D. Dasari, D. Darhim, and R. Sugiarni, “Bibliometric analysis of learning mathematics studies from Indonesian authors,” J. Kaji. Pembelajaran Mat., vol. 6, no. 2, pp. 84–95, 2022.

A. I. Permita, T.-T. Nguyen, and R. C. I. Prahmana, Ethnomathematics on the Gringsing batik motifs in Javanese culture. 2022. doi: 10.30862/jhm.v5i2.265.

B. Milenia, C. W. Suryaningrum, and R. W. Rhomdani, USING ETHNOMATHEMATICS FROM BATIK JEMBER TO CREATE ELECTRONIC MODULES. 2022. doi: 10.30598/jupitekvol5iss2pp132-137.

A. Irawan, M. Lestari, W. Rahayu, and N. Dwitiyanti, Developing a Mathematics Learning Application Using an Android-based Ethnomathematics Concept of Traditional Javanese Batik Pattern. 2022. doi: 10.18502/kss.v7i14.11965.

S. Sanifah, S. Amriyah, S. Jumaroh, N. Novianti, J. W. Kusuma, and F. Khan, ETHNOMATHEMATICS ON THE PATTERN AND PHILOSOPHY OF BATIK BANTEN MOTIFS. 2022. doi: 10.53067/ijomral.v1i2.23.

R. S. F. Iskandar, D. Ranti, and N. Priatna, DEVELOPMENT OF ETHNOMATHEMATICS-BASED WORKSHEET ON TRANSFORMATION GEOMETRY. 2022. doi: 10.31000/prima.v6i1.5343.

N. Sari, Development Mathematics Realistic Education Worksheet Based on Ethnomathematics in Elementary School. 2022. doi: 10.21580/phen.2022.12.1.10853.

F. O. Yolanda and A. Putra, SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK. 2022. doi: 10.37478/jpm.v3i2.1533.

Ikram et al., Implementation of Etlingera Elatior for Unique Branding of Central Sulawesi Batik Motif. 2022. doi: 10.22487/27765660.2022.v2.i3.16240.

R. P. Hartindya, S. Sunardi, and N. Yuliati, PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI ETNOMATEMATIKA BATIK NUSANTARA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. 2022. doi: 10.24127/ajpm.v11i3.5775.

M. Satriani, DAMPAK PENGGUNAAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN KONTEKS BATIK JAMBI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. 2022. doi: 10.24036/pmat.v11i1.13256.

M. H. Syari, T. Mastinah, I. Laela, E. Safira, J. W. Kusuma, and M. A. S. Sulistyo, MATHEMATICAL CONCEPTS ON BATIK BANTEN MOTIFS. 2022. doi: 10.53067/ijomral.v1i2.24.

S. Setianti, L. G. Hanafiani, V. Devianti, S. Wahyuni, J. W. Kusuma, and F. Khan, MOTIF TIRTAYASA, KEPANDEAN AND KAWANGSAN ON BANTEN BATIK IN MATHEMATICAL THEORY. 2022. doi: 10.53067/ijomral.v1i3.33.

L. Mauluah, Studying Mathematics Around Keraton Yogyakarta. 2022. doi: 10.21831/ej.v3i1.40000.

N. N. Aini and M. T. Budiarto, Literasi Matematis Berbasis Budaya Mojokerto Dalam Perspektif Etnomatematika. 2022. doi: 10.26740/mathedunesa.v11n1.p198-209.

A. Irawan, M. Lestari, and W. Rahayu, Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. 2022. doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45.

P. D. R. Becik, E. Yudianto, R. Ambarwati, and L. N. Safrida, “Design development of Batik Tulis Daun Singkong Bondowoso motifs with combination of fractal objects as material for student worksheets with ethnomathematical-based,” in AIP Conference Proceedings, 2022, vol. 2633. doi: 10.1063/5.0104319.

M. Lestari, W. Rahayu, and A. Irawan, Trial And Validation Of Etnobatic Applications As A Media Mathematics Learning Based On Android. 2022. doi: 10.29407/jmen.v8i2.18378.

J. Manoy and M. Purbaningrum, Mathematical Literacy Based on Ethnomathematics of Batik Sidoarjo. 2021. doi: 10.24815/JDM.V8I2.21644.

A. Hendriyanto, T. A. Kusmayadi, and L. Fitriana, “Geometric Thinking Ability for Prospective Mathematics Teachers in Solving Ethnomathematics Problem,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2021, vol. 1808, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1808/1/012040.

H. Parhusip, H. Purnomo, D. B. Nugroho, and I. S. S. Kawuryan, Modern Ethnomathematics Mainstreaming through Mathematics Entrepreneurship Using Mathematical Ornaments. 2021. doi: 10.12928/IJEME.V5I2.15118.

S. A. Sholihah, I. S. Dewi, and N. Mariana, EKSPLORASI KONSEP MATEMATIKA PADA BATIK JETIS SIDOARJO UNTUK MENTRANSFORMASIKAN KONTEKS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. 2021. doi: 10.17509/EH.V13I1.23130.

E. Yudianto, S. Susanto, T. Setiawan, and H. Diyanah, ETNOMATEMATIKA: KARAKTERISTIK BATIK BONDOWOSO DI RUMAH PRODUKSI KI RONGGO. 2021. doi: 10.24127/ajpm.v10i2.3542.

D. Amalia, D. Noviani, M. Djamali, and I. Rofiki, Exploring Mathematical Concepts and Philosophical Values in Jember Batik. 2021. doi: 10.18860/abj.v6i2.13119.

M. G. Astriandini and Y. Kristanto, Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. 2021. doi: 10.31980/MOSHARAFA.V10I1.831.

R. Badiah, D. Trapsilasiwi, S. Setiawani, F. Putra, and N. C. Astari, Eksplorasi Etnomatematika pada Aktivitas Membatik di Rumah Produksi Batik Dewi Sinta Banyuwangi Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas VII. 2021. doi: 10.19184/JOMEAL.V1I1.24376.

D. N. Munahefi, Mulyono, M. Z. Zahid, E. A. Syaharani, and R. Fariz, Analysis of mathematical creative thinking test instruments on open-ended problems with ethnomatematic nuances. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1918/4/042060.

R. C. I. Prahmana and U. D’Ambrosio, “Learning geometry and values from patterns: Ethnomathematics on the batik patterns of yogyakarta, indonesia,” J. Math. Educ., vol. 11, no. 3, pp. 439–456, 2020, doi: 10.22342/jme.11.3.12949.439-456.

N. Faiziyah, Sutama, I. Sholihah, S. Wulandari, and D. A. Yudha, “Enhancing Creativity through Ethnomathematics,” Univers. J. Educ. Res., vol. 8, no. 8, pp. 3704–3710, 2020, doi: 10.13189/ujer.2020.080850.

Suwarno, N. D. S. Lestari, and W. Murtafiah, “Exploring ethnomathematics activities to tobacco farmers’ community at Jember, East Java, Indonesia,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1657, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1657/1/012027.

U. Zahroh, PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DENGAN MEMODELKAN MOTIF BATIK GAJAH MADA. 2020. doi: 10.21274/DINAMIKA.2020.20.1.1-17.

E. Yudianto, S. Susanto, and S. Priciliya, Etnomatematika pada Batik Lukis Daun Singkong di Rumah Produksi Daweea Batik Bondowoso. 2020. doi: 10.29408/JEL.V6I2.2002.

Zaenuri, D. Purwanti, and M. Asikin, “Etnomathematics of batik motifs in problem based learning,” in 6th International Conference on Mathematics, Science, and Education, ICMSE 2019, 2020, vol. 1567, no. 3. doi: 10.1088/1742-6596/1567/3/032013.

nurul fathikhin and P. Wijayanti, Exploration of Ngawi Batik Ethnomatematics to Unlock Philosophy Values and Mathematics Concepts. 2020. doi: 10.52032/JISR.V3I1.81.

N. Akmalia, EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BATIK SEKAR JAGAD BLAMBANGAN SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA. 2020. doi: 10.19184/KDMA.V11I2.19805.

E. Mulyani and I. Natalliasari, Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. 2020. doi: 10.31980/MOSHARAFA.V9I1.609.

A. Irawan, M. Lestari, W. Rahayu, and R. Wulan, “Ethnomathematics batik design Bali island,” in 2nd International Conference on Applied Sciences Mathematics and Informatics, ICASMI 2018, 2019, vol. 1338, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1338/1/012045.

Y. Ervinawati, Ethnomathematics: Mathematical Exploration on Batik Gedog Tuban. 2019. doi: 10.26740/jrpipm.v3n1.p24-35.

J. Matematika and Y. Ervinawati, Ethnomathematics: Mathematical Exploration on Batik. 2019.

K. Pramudita and R. Rosnawati, “Exploration of Javanese culture ethnomathematics based on geometry perspective,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1200, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1200/1/012002.

E. Astuti, R. Y. Purwoko, and M. W. Sintiya, BENTUK ETNOMATEMATIKA PADA BATIK ADIPURWO DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN. 2019. doi: 10.31540/JMSE.V1I2.273.

M. Ambarawati and R. Agustin, Ethnomatematics as Indonesia Batik Artwork in Mathematics Learning Two-dimensional Figure Materials. 2019. doi: 10.29322/ijsrp.9.09.2019.p9305.

M. Lestari, A. Irawan, W. Rahayu, and N. W. Parwati, “Ethnomathematics elements in Batik Bali using backpropagation method,” in 1st International Conference on Science, Mathematics, Environment and Education, ICoSMEE 2017, 2018, vol. 1022, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/1022/1/012012.

Zaenuri and N. Dwidayati, “Exploring ethnomathematics in Central Java,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018, vol. 983, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/983/1/012108.

Yuniyawati, STUDY ETHNOMATHEMATICS: MENGUNGKAP ASPEK-ASPEKMATEMATIKA PADA KEGIATAN MEMBATIK DI RUMAH BATIKRIZQI KOTA TASIKMALAYA. 2018.

D. N. Fitriyah, H. Santoso, and N. Suryadinata, Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. 2018. doi: 10.29408/JEL.V4I2.705.

Muniri and G. Swalaganata, Internalizing Religious Values into Ethno-Mathematics as an Effort to Strengthen Character Building: An Ethno-Mathematics Integration Study. 2018. doi: 10.5220/0008523804660473.

D. Susanti and S. Suparman, ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA SISWA ETNOMATEMATIKA BATIK GEOMETRI TRANSFORMASI. 2018.

F. A. Andara, STUDI ETNOMATEMATIKA: Eksplorasi Ide Matematis Pada Aktivitas Membatik Garutan. 2018.

D. H. Saputra, STUDY ETHNOMATHEMATICS: PENGUNGKAPAN ASPEK-ASPEK MATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBATIK DI RUMAH PRODUKSI NISYA BATIK DESA CIKUBANGSARI KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT. 2017.

I. Risdiyanti and R. C. I. Prahmana, “Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture,” in Journal of Physics: Conference Series, 2018, vol. 943, no. 1. doi: 10.1088/1742-6596/943/1/012032.

M. M. Azra, EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA AKTIVITAS MEMBATIK DI RUMAH PRODUKSI NEGI BATIK MOJOKERTO. 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.