DEKSKRIPSI BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM BASED LEANING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Moh Aulia Rahman, Suparman Suparman

Abstract


. Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimilki oleh siswa agar dapat bersaing di era revolusi industri 4.0. Siswa yang memiliki keterampilan berpikir kreatif rendah akan kesulitan memecahkan masalah yang memerlukan keterampilan berpikir lebih tinggi. Bahan ajar yang belum memuat keterampilan berpikir kreatif akan menghambat tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kurikulum melalui problem based learning dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru SMP kelas VIII. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Wawancara dilakukan pada guru untuk menganalisis bahan ajar yang dibutuhkan oleh siswa. Observasi pada siswa untuk mengamati karakter siswa, kebutuhan siswa dan kreativitas siswa saat mengikuti pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Penelitian memiliki beberapa hasil. Pertama, guru dan siswa membutuhkan bahan ajar berbasis problem based learning. Kedua, bahan ajar yang digunakan belum memfasilitasi siswa untuk berpikir  kreatif. Ketiga, pemahaman konsep siswa dan kreativitas siswa rendah. Keempat, problem based learning mampu membuat siswa memahami konsep matematika dan meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dapat diperluas lebih lanjut pada pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning yang dapat meningkatkan kreativitas siswa.

 



Keywords


bahan ajar, berpikir kreatif, problem based learning

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Bab II tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal (3)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud No 8 Tahun 2016 tentang Buku Yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 2016.

Puspitasari, H 2018 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berpendakatan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VII (prosiding seminar nasional etmotnesia)

Surya, Yenni Fitria 2017 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar (Jurnal Pendidikan Matematika)

K D P Meke, D U Wutsqa, H D Alfi 2018 The Effectiveness of Problem Based Learning Using Manipulative Materials Approach on Cognitive Ability In Mathematics Learning (Journal of Physics) Conf. Series 1097

Permatasari, H, R Dan Wahyudin, W 2017 Gender: Its relation to Mathematical Creative Thinking Skill (Journal of Physics) Conf. Series 895

Depdiknas. 2010. Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta

Satrianawati, S 2017 Pengembangan Materi Bangun Ruang Sisi Datar Sebagai Bagian dari Persiapan Calon Guru Sekolah Dasar Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1)

Musfiqi, S, and Jailani 2014 Pengembangan Bahan Ajar Matematika yang Berorientasi pada Karakter dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) (journal UNY)

Wardani, Susanti Dwi 2015 Penerapan Bahan Ajar Berbasis PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Semarang : FKIP Universitas Negeri Semarang.

Riyati, I dan Suparman 2018 Analisis Kebutuhan LKS Stiker Bergambar Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis (prosiding seminar UMP)

Pratiwi, I, Hastuti, S, I, dan Listyorini, D 2017 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matakuliah Mikrobiologi Mahasiswa S1 Biologi Universitas Negeri Malang Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM

Solfitri, T, Syarif, N, S, dan Roza, Y Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 Pada Materi bangun Ruang Sisi Datar Dan lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS Edumath STKIP Jombang

Nurhidayati, S, Tayeb, T, dan Baharuddin 2107. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makassar MaPan (Jurnal matematika dan Pendidikan)

Sari, R, D, M dan Rachmawati, L 2017 Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada KD Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia Kelas X IIS SMAN 1 Krembung. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JuPe)

Hidayat A 2017 Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Msalah Dengan Pendekatan Pemecaham Masalah Terhadap Kemampuan Matematis Siswa SMP Negeri 1 Rumbio Jaya (Jurnal Pendidikan Matematika)

Eviliasani, K, Hendriana, H, Senjayawati, E 2018 Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Dikota Cimahi pada Materi Bangun Datar Segi Empat Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif

Andiyana M A, Maya R , Hidayat W 2018 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang JPMI (jurnal pembelajaran matematika inovtif)

Inganah S, DKK 2016 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika JINoP

Ruhimat M, DKK 2018 The Implementation of Problem Based Learning toward Students’ Reasoning Ability and Geography Learning Motivatio, IOP

Rohmani, M, Amin, M dan Lestari, U 2017 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Materi Bioteknologi Bidang Kedokteran Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang Berdasarkan Model Pengembangan ADDIE Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM

Yusnia, D dan Suparman 2018 Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Guided Discover. Prosiding seminar nasional etnomatnesia

Ritonga N R 2018 Komparasi Metode Quantum Teaching Dengn Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Tipe Problem Based Leaarning Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronik Di SMKN 1 Linatu Buo, Jurnal VOTEKNIKA

Rudyanto H E 2014 MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF Premiere Educandum, Volume 4 Nomor 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.