DESKRIPSI KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS

Fitria Wahidatul Mujahidah, Suparman Suparman

Abstract


Berfikir kritis merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Bahan ajar yang belum membantu siswa untuk mengasah kemampuan berfikir kritis akan menghambat tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan bahan ajar yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa MTS kelas VIII. Instrumen pengumpulan data terdiri dari pedoman observasi, pedoman wawancara, dan tes. Pedoman observasi digunak an untuk mengamati pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pedoman wawancara digunakan untuk mewawancarai guru mengenai bahan ajar yang digunakan saat pembelajaran. Tes diberikan kepada siswa untuk mengetahui karakteristik berfikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama, bahan ajar matematika yang ada belum memfasilitasi siswa untuk berfikir kritis. Kedua, siswa membutuhkan bahan ajar matematika yang dapat meningkatkan berfikir kritis siswa. Ketiga, pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan berfikir kritis. Keempat,  guru membutuhkan bahan ajar matematika dengan pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.  Penelitian dapat diperluas pada pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa.


Keywords


Bahan Ajar Modul; Berfikir Kritis; Realistic Mathematics Education

Full Text:

PDF

References


Mohammad Faizal Amir. (2015). Analisi Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, Volume 1 No.2, Oktober.

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas, 2006.

Yustina Tritularsih dan Wahyudi Sutopo (2017). Peran Keilmuan Teknik Industri Dalam Perkembangan Rantai Pasokan Menuju Era Industry 4.0. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Ramalisa, Yelli. (2013). Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Tipe Kepribadian Thinking. Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatica Volume 03 Nomer 01. April. Universitas Jambi.

Aydin Istambul. (2013). The Significance Of Critical Thinking Ability In Terms Of Education. International Jurnal Of Humanities And Social Science.

Gulsan Kuleksi Dan Esin Kumlu (2015). Developing Critical Thinking Skills In English Langueage Teaching Classes Through. International Jurnal Of Language Academy. Tresnawati, Wahyu hidayati, dan Euis eti Rohaeti. (Desember 2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan diri Siswa Sma. Journal of Research in mathematics Learning and Education. Volume 02 nomor 02.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standart Kompetensi. Jakarta: Puskur. Dit. PTK SD.

Rahma Dewi Indrayanti dan Dr. Ariyadi Wijaya (2016). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Untuk Topik Matriks di SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika Edisi Mey.

Muhammad Saleh. (2017) The Enhancement Of Problem Solving Ability Through Realistic Mathematics Education approach. International Journal Of Education and Research. Volume 05 Nomor 05. Mey

Farida Surya, Yurniawati, Ucu Cahyana, Mohamad Syarif Sumantri. (2018) The Aplication Of Realistic Mathematics Education (RME) Approach To Increase The Creative Thinking Ability Of Fraction Subject Matter For Fourth-Grades Of SDN Rawajati 06 Pagi. American Journal Of Education Research.

Riska Ni’matillah, Budi Murtiyaza. (Surakarta 12 Maret 2016). Pengaruh Realistic Mathematics Education (RME)Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Konfrensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajaranya (KNPMPI). Universitas Muhammadiyah. ISSN: 2502-6526.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:

Normaya, Karim. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 92-104.

Yuliani Rahayu, Edy. (2016, 2017). Bambang Irawan, Dan Subanji Subanji. Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Rainbow Block Pada Pembelajaran Pecahan Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.