DESKRIPSI LEMBAR KERJA SISWA MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP KELAS VIII

Eddy Supriyadi, Suparman Suparman

Abstract


Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2013 mengimplementasikan kurikulum baru sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya (KTSP) yang diberinama kurikulum 2013. Lahirnya kurikulum ini untuk menjawab tantangan dan pergeseran paradigma pembangunan dari abad ke-20 menuju abad ke-21. Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif, kritis, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Media pembelajaran yang belum memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi berdampak pada pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan Lembar Kerja Siswa yang berbasis  problem based learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SPM Kelas VIII. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan angket. Observasi pada guru untuk mengambil data mengenai kebutuhan siswa terhadap lembar kerja siswa. Angket diberikan kepada siswa untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi siswa. Wawancara dengan guru untuk mengetahui penggunaan lembar kerja siswa di dalam pembelajaran. Studi literatur dilakukan untuk mengetahui dampak penggunaan lembar kerja siswa berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi. Hasil penelitian memberikan beberapa informasi. Pertama, kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi perlu ditingkatkan. Kedua, lembar kerja siswa  yang digunakan di sekolah belum membantu siswa  untuk  mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi. Ketiga, pendekatan problem based learning dapat melatih siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi. Penelitian dapat diperluas pada pengembangan media pembelajaran lembar kerja siswa berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan motivasi berprestasi siswa SMP kelas VIII.

Keywords


Berpikir Kritis, motivasi berprestasi, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arthur L. Costa (1985). Developing mind: A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: ASDC Alexandria

Tosun, C & Taskesenligil, Y,. (2011), The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies, Journal of Turkish Science Education, 9:1, 126-131.

Fatokun, J. O., & Fatokun, K. V. F. (2013). A problem based learning (PBL) application for the teaching of Mathematics and Chemistry in higher schools and tertiary education: An integrative approach. Educational Research and Reviews, 8(11), 663-667.

Sri Redjeki. (2014). Model-model Pembelajaran yang Mendukung Kurikulum 2013. Makalah. Universitas Kuningan

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-365.

Ardina F R, Sa’dijah C. (2016). Analisis Lebar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 (2). 171-180

Pariska, dkk. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Hal. 75-80 Vol: 1 No: 1 (2012).

Fannie, R.D & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, Vol: 8 No:1.

Pradipta, D & Hernawati, K. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Garis dan Sudut dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan Software Wingeom. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugroho, N. B. (2014). Pengembangan RPP dan LKS Berbasis Problem Based Learning pada Materi Himpunan untuk Siswa Kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta.Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta : DIVA Press.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Pratama L D, Lestari W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY

Rodial. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran dengan Strategi Metakognitif Self Explanation. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.