ABSTRAKSI REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Anies Fuady, Purwanto Purwanto, Edy Bambang, Swasono Rahardjo

Abstract


Kemampuan abstraksi reflektif siswa dalam pemecahan masalah diperlukan, karena hasil abstraksi reflektif seseorang adalah skema yang digunakan untuk memahami sesuatu, mencari solusi atau memecahkan masalah. Selain itu, abstraksi reflektif sangat penting untuk pemikiran logis matematis yang lebih tinggi seperti yang terjadi dalam pemikiran logis pada anak-anak. Oleh karena itu, untuk mengembangkan gagasan abstraksi reflektif pemikiran matematika tingkat tinggi, perlu untuk memisahkan apa yang merupakan fitur penting dari abstraksi reflektif, mencerminkan aturannya pada matematika yang lebih tinggi, mengenali dan merekonstruksi itu sehingga teori serupa pengetahuan Matematika dan instruksi. Sedangkan penelitian yang akan peneliti lakukan adalah mengetahui bagaimana proses reflektif abstraksi siswa dalam pemecahan masalah dalam hal gaya kognitif. Ini karena gaya kognitif berkaitan erat dengan cara menerima dan memproses semua informasi, terutama dalam pembelajaran. Berbagai tren dalam pembelajaran mereka dapat diidentifikasi dan kemudian diklasifikasikan apakah anak milik gaya kognitif bidang independen (berpikir cenderung memiliki kemandirian pandangan) atau tergantung pada bidang.

 

 


Keywords


abstraksi reflektif, gaya kognitif, field dependent, field independent

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.