Telaah Bahan Ajar Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMP Kelas VII

Melvinasari Melvinasari, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir logis merupakan kompetensi yang sangat penting dimiliki oleh siswa dalam kurikulum 2013. Siswa yang berkemampuan berpikir logis rendah akan kesulitan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Modul matematika yang tidak memuat kompetensi berpikir logis akan menghambat pencapaian tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bahan ajar matematika yang dibutuhkan siswa yang dapat meningkat kemampuan berpikir logis. Penelitian  ini berjenis deskripstif kualitatif yang melibatkan subjek guru matematika dan siswa SMP kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan dengan guru dan siswa untuk mengetahui bahan ajar yang dibutuhkan dan mengetahui kesulitan siswa dalam proses pembelajaran matematika khususnya dalam materi aljabar. Observasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir logis siswa dalam memecahkan masalah. Teknik analisa data menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: guru dan siswa membutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, bahan ajar yang digunakan kurang mendukung siswa dalam berpikir logis, kemampuan berpikir siswa masih rendah, dan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru dan siswa membutuhkan pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis siswa.


Keywords


bahan ajar, beripikir logisrealistic mathematics education

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yani, Ahmad (2014. Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.

Andriawan, Budi dan Budiarto, Mega Teguh (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir logis

dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42-48.

Novaliyosi (2018). The Development of Instruments to Measure Student Mathematical Logical

Thingking Ability in Kapita Selekta. Jurnal of EDP Sciences.

Wahyuddin (2017). The Analysis of the Probelem of Economic Mathematical Problems Reserved

from the Ability of Logic Thinking in Students. Jurnal of Mthematics Education, 12(3), 585-598.

Korknaz, Ozgen (2016). The Effect of Strach- and Lego Mindstroms Ev3-Based Programing

Activities on Academic Achievement, Problem-Solving Skill and Logical-Mathematical Thinking Skil of Students. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(3), 73-88.

Yenilmez, Kursat., and Turgut, Melih (2016). Relationship Between Prospective Middle School

Mathematics Teacher Logical and Reflective Thinking Skills. Journal of Educational and Instructional Studies In The World, 6(4), 15-20.

Handayani, Sri (2017). Logical Mathematical Intelligence Toward Students Participation and

Character Building in Indonesia. Proceedings Ictess Unisri on January 2017. Surakarta: Universitas Slamet Riyadi.

Incikabi, Lutfi, Tuna, Abdulkadir, and Biber, Abdullah Cagri (2013). An Analysis of Mathematics

Teacher Candidates Critical Thinking Dispositions and Their Logical Thinking Skill. Journal of International Education Research, 9(3),257-266.

Yulastri, Asmar, dkk (2017). Developing an Entrepreneurship Module by Using Product-Based

Learning Approach in Vocational Education. International Journal of Environmental and Science Education, 12(5), 1097-1109.

Arbi, Yr, Sumarmin, R, and Putri, D H (2018). Development Module Oriented Science

Technology Society Indue Science Litery Assessment for 7th-Grade Junior High School Students in 2nd-Semester.IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 335.

Elok Norma Khabibah, Mohammad Masykuri, Maridi. (2017). The Effectiveness of Module

Based on Discovery Learning to Increase Generic Science Skills. Journal of Education and Learning, 11 (2), 146-153.

Mulbar, Usman and Ahmad Zaki (2018). Design on Realistic Mathematics Education on Elementary School Students. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1028.

Palupi, E L W and Khabibah, S (2018). Developing Workshop Module Of Realistic Mathematics

Education: Follow-up Workshop. IOP Conf. Series: Mterials Science and Engineering 296.

Mahendra, R, Slamet I and Budiyono (2017). Problem Posing with Realistic Mathematics

Education Approach in Geometry Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 895.

Afthiha, H, Mardiyana and Pramudya, I (2017). Think Pair Share Using Realistic Mathematics

Education Approach in Geometry Learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 895.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud (2016). Matematika SMP/MTs Semester 1. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.