Deskripsi Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas XII

Nesti Puspandari, Suparman Suparman

Abstract


Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Siswa berketerampilan berpikir kreatif rendah akan mengalami kesulitan menyelesaikan soal tipe PISA. Media pembelajaran yang tidak menunjang  ketermapilan berpikir kreatif akan membuat proses belajar mengajar kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan multimedia pembelajaran matematika berbasis STEM untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XII. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pedoman observasi digunakan untuk mengamati kreativitas siswa selama proses pembelajaran di dalam kelas. Pedoman wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari guru mengenai bahan ajar yang digunakan dan permasalahan permasalahan dalam pembelajaran. Pedoman wawancara juga digunakan untuk mendapatkan informasi dari siswa mengenai kesulitannya dalam mempelajari matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika,  multimedia pembelajaran matematika yang ada belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif, dan  pendekatan STEM dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa multimedia pembelajaran matematika berpendekatan STEM yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa perlu dikembangkan lebih lanjut.

Keywords


Kreativitas; Multimedia Pembelajaran; STEM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.